Pasar Gadang akan dipermak jadi pasar modern

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 20 September 2011  |  16:07 WIB

 

MALANG: Pasar  Induk Gadang (PIG)  Kota Malang dilirik investor asal Jakarta dan Malang untuk disulap menjadi pasar modern yang digabung dengan pasar tradisional.
 
Walikota Malang Peni Suparto, mengatakan jika proyek Pasar Gadang telah rampung, pasar tradisional nantinya lebih bersih dan rapi. Peremajaan pasar tersebut juga dimaksudkan agar ruas jalan Gadang-Bumiayu lebih lancar, tidak tertutup lagi oleh pedagang pasar tradisional.
 
"Karena pasar tersebut dibangun  oleh investor, maka dananya murni dari mereka. Tanpa dukungan dana dari APBD sepeser pun," katanya hari ini.
 
Dia menambahkan yang menjadi masalah adalah sebagian lahan PIG dimiliki swasta. Luas lahan yang dikuasai swasta sebanyak 3.000 m2.
 
Karena itulah, lahan tersebut nantinya harus dibebaskan jika PIG jadi direvitalisasi oleh Pemkot Malang dengan menggandeng investor swasta. Saat ini, investor masih terus mengkaji kelayakan proyek revitalisasi PIG.
 
Peni belum bisa mengalkukasi kebutuhan investasi untuk revitalisasi PIG. Kebutuhan investasi revitalisasi PIG akan diketahui jika  studi kelayakan dan detailed engineered  design (DED)-nya sudah rampung.
 
Kajian awal, PIG akan dibangun tiga lantai tanpa dukungan anggaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) atau dari dana murni investor. 
 
Opsi lainnya, PIG akan dibangun dua lantai dan lantai II akan ditempati para pedagang PIG II yang akan dipindahkan sebanyak 700 pedagang lebih. (sut)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Choirul Anam

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top