Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ITK diharapkan akomodasi keperluan industri

BALIKPAPAN, Kaltim: Pemkot Balikpapan mengharapkan jurusan di dalam Institut Teknologi Kalimantan (ITK) yang akan dibangun dapat mengakomodasi keperluan industri di Balikpapan maupun Kaltim secara umum.Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan Syahrumsyah

BALIKPAPAN, Kaltim: Pemkot Balikpapan mengharapkan jurusan di dalam Institut Teknologi Kalimantan (ITK) yang akan dibangun dapat mengakomodasi keperluan industri di Balikpapan maupun Kaltim secara umum.Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan Syahrumsyah Setia berharap jurusan yang ada nantinya bisa seperti Politeknik Balikpapan. Dengan demikian lulusan yang ada bisa segera terserap oleh industri yang ada di Balikpapan dan Kaltim khususnya, serta di Kalimantan pada umumnya."Dengan demikian pemberdayaan tenaga kerja lokal akan semakin tinggi," ujarnya hari ini.Dia mengungkapkan selama ini konsentrasi pendidikan yang terpusat di Pulau Jawa menyebabkan mahasiswa yang telah lulus enggan untuk kembali ke Kalimantan. Dengan alasan ketersediaan lapangan kerja, para lulusan tersebut lebih memilih bekerja di Pulau Jawa.Sementara itu, masalah kualitas sumber daya alam yang saat ini sedang dihadapi oleh sebagian besar penduduk di Kalimantan masih belum terselesaikan. Apabila ada perguruan tinggi teknik yang berdiri dengan kualitas yang baik setidaknya bisa mengurangi jumlah mahasiswa yang belajar di luar Kalimantan. Dengan demikian kontrol terhadap mahasiswa lulusan Kalimantan akan lebih baik lagi.Setidaknya ada empat jurusan yang ada di Politeknik Balikpapan yakni teknik mesin alat berat, teknik elektronika, teknik sipil, dan tata boga. Apabila pembangunan ITK terealisasi pada 2012, setidaknya akan ada empat jurusan tersebut pada perguran tinggi teknik pertama yang ada di luar Pulau Jawa tersebut. (22/tw) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nadya Kurnia
Sumber : Rachmad Subiyanto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper