Intel perkenalkan Utlrabook

 
Mochammad Subarkah
Mochammad Subarkah - Bisnis.com 16 September 2011  |  13:31 WIB

 

JAKARTA: Intel segera memperkenalkan Ultrabook, sebagai perangkat personal computer (PC) kategori baru di segmen komputer jinjing.
 
Intel memproueksikan Ultrabook  untuk memenuhi kebutuhan konsumen komputer jinjing terhadap kemampuan adaptasi dan pengalaman multimedia.
 
Wakil Presiden dan General Manager dari PC Client Group Intel Mooly Eden mengatakan pengalaman komputasi personal tengah mengalami transformasi mendasar dengan keinginan pengguna untuk maksimalkan perangkat PC mereka, baik dari perspektif emosional maupun rasional. 
 
Menurut dia, Ultrabook merupakan kategori baru dalam perangkat mobile yang dirancang untuk memberikan  kemapuan bagi pengguna untuk membuat maupun mengkonsumsi multimedia dalam perangkat yang ramping ringan, aman dan elegan.
 
Ultrabook juga menawarkan pengalaman lebih mendalam dan responsif bagi pengguna tanpa harus mengorbankan kinerja, dan dihadirkan pada harga mainstream. Ultrabook didukung Intel Core Generasi ke-2 yang memberikan pengalaman komputasi pribadi yang belum pernah didapatkan sebelumnya.
 
"Orang berharap dan menuntut lebih dari komputer mereka. Itulah sebabnya kami menantang diri kami sendiri dan industri untuk membuat Ultrabook, sebagai perangkat paling mudah beradaptasi, lengkap dan memuaskan," ujarnya dalam siaran tertulis yang diterima Bisnis hari ini.
 
Eden menuturkan perangkat Ultrabook pertama akan tersedia pada musim liburan 2011 dalam berbagai desain yang ramping dan dapat dijalankan hampir seketika dari mode sleep, dengan dukungan teknologi  Intel Rapid Start.
 
Keluarga prosesor Intel Core Generasi ke-2 yang diperkenalkan awal tahun ini memberikan pengalaman komputasi visual yang baru sebagai akibat dari peningkatan kinerja dan prosesor grafis. 
 
Dia menambahkan hingga kini, Intel telah mengapalkan 75 juta  prosesor Intel Core Generasi ke-2, sekaligus menjadikannya prosesor ini sebagai prosesor dengan pengiriman tercepat dalam sejarah perusahaan. 
 
"Hal ini juga menunjukkan permintaan yang kuat dari seluruh dunia untuk  komputasi personal, di mana sekitar satu juta komputer terjual setiap harinya, didorong oleh pertumbuhan  pasar di negara berkembang," jelasnya.
 
Eden menyatakan kehadiran Ultrabook juga memungkinkan kerja sama dengan Microsoft dalam penggunaan sistem operasi Windows 8 untuk menjalankan beberapa aplikasi pada perangkat berbasis Intel Ultrabook. 
 
Dalam hal ini, telah terjadi kerja sama yang luas antara kedua perusahaan, dan menekankan peluang ke depan  Windows 8 akan hadir di lintas perangkat komputasi seperti tablet, hibrid dan bentuk desain baru seperti Ultrabook.
 
Teknologi lain yang mendukung Thunderbolt, I/O dual-protokol baru dengan kecepatan tinggi, yang dirancang untuk kinerja, kesederhanaan, dan fleksibilitas. Thunderbolt memungkinkan penggunaan storage kecepatan tinggi, perangkat capture multimedia, dan display dapat terhubung melalui satu kabel tipis.
 
Adapun, perangkat Ultrabook pada 2012 akan diperkuat dengan prosesor Intel Core Generasi ke-3 yang sebelumnya dikenal dengan kode Ivy Bridge, dan diharapkan dapat tersedia dalam sistem pada paruh pertama 2012.
 
Produk ini akan memberikan kinerja dan efisiensi energy yang lebih besar, di mana Intel juga mendesain ulang prosesor grafis untuk menyediakan tampilan video dan pengalaman gaming yang lebih baik.
 
Ultrabook 2012 telah disiapkan dengan enam desain  praproduksi yang didasarkan pada Intel Core Generasi ke-3, dan diperkirakan akan ada lebih banyak lagi ragam pilihan perangkat di seluruh dunia pada 2012.
 
"Ultrabook dilengkapi fitur keamanan yang ditanamkan dengan teknologi Intel Identity Protection dan Intel Anti-Theft yang ada dalam prosesor. Notebook dan komputer desktop generasi berikutnya akan diuntungkan dari kerja sama Intel dan McAfee dalam mengembangkan layanan McAfee anti-theft untuk Ultrabook," terangnya. (sut)
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top