Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

SURABAYA: Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kab. Situbondo, Jawa Timur, akan mengintensifkan keikutsertaan dalam pameran tahunan SME’sCO Festival di Jakarta, dengan mengusung produk unggulan setempat berupa aneka kerajinan berbahan baku kerang dan kerajinan kayu.
 
Instansi tersebut telah mengikuti even tahunan itu sebanyak 9 kali, sebagai upaya mencari terobosan pasar domestik maupun internasional atas produk kerajinan khas Situbondo.
 
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kab. Situbondo Edi Susilo menilai upaya terobosan pasar melalui kegiatan pameran berskala nasional dan internasional harus terus dilakukan, menyusul semakin ketatnya persaingan bisnis produk kerajinan.
 
"Para pelaku usaha kecil menengah (UKM) perlu diberikan semangat dan motivasi guna bersaing serta memperluas pemasaran, maka kami memfasilitasinya dalam pameran SMES’sCO Festival. Keikutsertaan kami tahun ini yang kesembilan kali," ujarnya melalui rilis yang diterima Bisnis hari ini.
 
Hal itu diungkapkan seusai mengevaluasi keikutsertaan dalam pameran SME’sCO Festival di Gedung SME’sCO UKM di bilangan Jl. Gatot Subroto, Jakarta, pada awal Juni lalu. 
 
Dalam pameran yang berlangsung 5 hari itu peserta asal Situbondo membukukan transaksi Rp9,7 juta dan pesanan dari sejumlah toko seni di Jakarta dan Depok, selain pedagang kerajinan yang akan menjajaki pasar di negara-negara Eropa.
 
Pameran produk kerajinan tingkat Provinsi Jawa Timur juga seringkali diikuti Dinkop dan UKM Situbondo, diantaranya mengirimkan produk ke Gedung Pamer Produk UKM yang dikelola Dinas Koperasi dan UMKM Jatim berlokasi di Jl. Raya Juanda, Surabaya Selatan. 
 
Kab. Situbondo yang sebagian wilayahnya berupa pantai utara menghasilkan produk khas berbahan baku kerang laut antara lain tirai ruangan, jam dinding, pigura, asbak rokok, gelang, gantungan kunci dan berbagai asesori. (k22)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sutarno
Sumber : Adam A Chevny

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper