Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Malang antisipasi kebocoran pajak dan retribusi

MALANG: Pemkab Malang melakukan antisipasi terhadap kebocoran pajak dan restribusi menyusul tingginya kesadaran masyarakat di wilayah Kabupaten Malang untuk membayar pajak.Tingginya kesadaran masyarakat tersebut ditandai dengan meningkatnya jumlah wajib

MALANG: Pemkab Malang melakukan antisipasi terhadap kebocoran pajak dan restribusi menyusul tingginya kesadaran masyarakat di wilayah Kabupaten Malang untuk membayar pajak.Tingginya kesadaran masyarakat tersebut ditandai dengan meningkatnya jumlah wajib pajak (WP) di Kabupaten Malang yang setiap tahunnya naik sebesar 10%-15%.Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Abdul Malik, mengatakan kepercayaan masyarakat akan membayar pajak tampaknya tidak terpengaruh dengan adanya kasus penggelapan pajak yang sempat mengemuka beberapa waktu lalu.“Karena itu segala kemungkinan adanya kebocoran pajak maupun retribusi, kami antisipasi sejak dini. Dalam hal ini petugas dari Dinas Pendapatan daerah (Dispenda) Kabupaten Malang wajib memberikan setoran dalam 24 jam,” kata Abdul Malik di Malang hari ini.Selain itu, petugas retribusi, ujarnya, dilarang membawa uang setoran ke rumah karena dinilai rawan menimbulkan penyelewengan. Apalagi sistem pembayaran saat ini sudah secara online.Ditambahkan, dengan bertambahnya wajib pajak akan membuat setoran yang disampaikan kepada Pemkab Malang yang masuk ke dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga akan meningkat secara signifikan.Hal itu, jelasnya, salah satunya ditandai dengan jumlah alokasi dana desa (ADD) yang disalurkan di 33 kecamatan yang ada sebesar Rp98 miliar. Dimana dana tersebut juga berasal dari pajak yang masuk melaui PAD.Pembagian sendiri, lanjut dia, berdasarkan luas wilayah dan jumlah penduduk di masing-masing wilayah. Untuk wilayah yang relatif kecil mendapatkan dana adalah Desa Putukrejo yakni hanya sebesar Rp118 juta.Sedangkan wilayah yang mendapatkan dana relatif besar adalah Desa Purwodadi yakni sebesar Rp205 juta. Hal itu menyusul kondisi wilayah yang luas dan jumlah penduduk yang cukup besar dibandingkan lainnya.(api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Mohammad Sofi`i

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper