Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengacara Nazaruddin mengadu ke Ketua DPR

JAKARTA: Saudara sepupu Muhammad Nazaruddin yang juga anggota DPR Muhammad Nasir bersama pengacara OC Kaligis melaporkan aparat hukum yang melarang mereka bertemu dengan tersangka kasus korupsi itu kepada Ketua DPR Marzuki Alie.Menurut pengakuan Nasir,

JAKARTA: Saudara sepupu Muhammad Nazaruddin yang juga anggota DPR Muhammad Nasir bersama pengacara OC Kaligis melaporkan aparat hukum yang melarang mereka bertemu dengan tersangka kasus korupsi itu kepada Ketua DPR Marzuki Alie.Menurut pengakuan Nasir, ketika Nazaruddin tiba di Jakarta dirinya bersama keluarga hanya sempat bertemu sekilas karena Nazzruddin dalam pengawalan ketat.KKetika tiba Nazaruddin dalam kondisi sakit dan wajahnya tampak pucat lemas. "Sebagai keluarga, saya sangat mengkhawatirkan kondisi Nazaruddin, karena kemarin dia minta diperiksa dokter," kata Nasir.Ketika dokter dari Rumah Tahanan Brimob memeriksanya, kata Nasir, Nazaruddin takut pada dokter itu. Sementara OC Kaligis menunjukkan foto kopi surat kuasa yang diterimanya dari Nazaruddin kepada pimpinan DPR.Kendati memiliki surat kuasa, Kaligis merasa heran karena pihak KPK tetap tidak memperbolehkan dirinya menemui kleinnya.Bahkan Kaligis mengakui ada pernyataan bahwa Nazaruddin sudah menunjuk pengacara Elsa Syarief secara lisan. "Saya sebagai rakyat biasa sudah tak bisa apa-apa lagi, saya hanya bisa berharap kepada pimpinan DPR untuk bisa mempertemukan kami dengan Nazaruddin," kata Kaligis.Padahal Nasir menegaskan hingga saat ini pihak keluarga hanya menunjuk pencagara Kaligis untuk mendampingi Nazaruddin.Menurut Nasir pihak keluarga juga menemui Nazaruddin karena kawatir akan keselamatannya. "Tolong pak kami keluarga mohon keadilan.Nazaruddin juga warga negara Indonesia, jangan dibeginikan, Nazar masih terduga. Dia pergi karena takut dan ditakut-takui, saya tahu persis karena saya orang yang paling dekat dengan dia," kata Nasir.Pada bagian lain Nasir mengatakan bahwa ketika diberikan makanan dari Rutan Brimob, Nazaruddin juga takut untuk memakannya. Namun ketika ditanya apakah Nazaruddin takut diracun Nasir hanya terdiam.Ketua DPR Marzuki Alie mengatakan pimpinan komisi III DPR akan mendampingi pihak keluarga Nazarudin dan kuasa hukumnya untuk menemui Nazaruddin yang sejak tertangkap tidak diperbolehkan untuk ketemu."Jadi pimpinan komisi III akan mendampingi pihak keluarga dan pengacara untuk bertemu Nazaruddin," kata Marzuki usai menerima keluarga Nazaruddin dan pengacaranya.Dalam pertemuan tersebut, Marzuki didampingi oleh wakil ketua DPR Anis Matta, serta Pramono Anung dan wakil ketua komisi III Azis Syamsuddin dan Fachri Hamzah.Marzuki menjelaskan bahwa DPR harus melaksanakan fungsi kontrol termasuk dalam proses hukum terhadap Nazaruddin.Marzuki juga menegaskan bahwa Nazaruddin sampai aat ini masih anggota DPR karena surat PAW belum juga diterbitkan. (John A.Oktaveri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper