Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dubes Jepang Shiojiri: Terima Kasih Indonesia

Saya ucapkan terima kasih dari hati yang tulus, pertama kepada Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden RI Budiono dan seluruh masyarakat Indonesia, atas dukungan, perhatian dan pernyataan belasungkawa yang diberikan atas terjadinya bencana

Saya ucapkan terima kasih dari hati yang tulus, pertama kepada Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden RI Budiono dan seluruh masyarakat Indonesia, atas dukungan, perhatian dan pernyataan belasungkawa yang diberikan atas terjadinya bencana dahsyat di Jepang beberapa waktu yang lalu.

Gempa dan tsunami yang terjadi di Jepang kali ini berskala melebihi perkiraan dari yang pernah terjadi selama ini, sehingga menimbulkan korban dan kerusakan hebat yang berpusat di wilayah Tohoku, dengan korban luka-luka, meninggal dunia dan hilang mencapai puluhan ribu.

Saya memahami kekhawatiran semua pihak sehubungan masalah pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN). Pemberitaan tentang meluasnya jangkauan wilayah kebocoran radiasi dan berdampak langsung pada kesehatan dan lingkungan muncul, namun sampai hari ini 18 Maret, kenyataan itu tidak ada.

Pada saat ini, pemerintah bersatu dengan pihak swasta, mengerahkan segenap kemampuan untuk menjamin keamanan PLTN. Pemerintah Jepang memerintahkan warga yang berada di radius 20 km dari PLTN Fukushima untuk mengungsi, dan warga yang berada di radius 20-30 km untuk tinggal di dalam rumah demi keselamatan mereka.

Langkah ini diambil guna menjamin keamanan dengan adanya pertimbangan ahli termasuk kondisi iklim di wilayah-wilayah tersebut. Selain itu, telah diputuskan untuk menerima tenaga ahli dari Badan Atom Internasional (IAEA, International Atomic Energy Agency) dan lain-lain, serta melakukan kerja sama internasional.

Jepang telah menerima pesan kuat dari pemerintah Indonesia yaitu keinginan untuk yang paling pertama mengirimkan tim penyelamat ke Jepang, dalam keadaan yang sulit dipahami. Pada hari ini, 18 Maret, tim penyelamat Indonesia telah tiba di Jepang.

Bahkan pemerintah Jepang menerima tawaran dana kemanusiaan yang besar jumlahnya dan bantuan 10,000 lembar selimut dari pemerintah Indonesia.

Saya ucapkan terima kasih dari hati saya yang paling dalam kepada masyarakat Indonesia. Selama seminggu ini, Jepang bersama dengan Indonesia menyelenggarakan ARF Direx yaitu latihan penanganan bencana wilayah ASEAN di Manado.

Jepang telah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai ketua penyelenggara dengan Indonesia. Selain itu, MPA 1st Steering Committee juga telah diselenggarakan sesuai rencana pada 17 Maret dengan partisipasi pihak pemerintah dan penanggung jawab di bidang perekonomian dari kedua negara.

Dalam kondisi apa pun, Jepang menjalankan tugas tanggung jawabnya. Dalam kondisi apa pun, Jepang memenuhi janjinya. Indonesia telah berhasil mengatasi banyak bencana termasuk gempa dan tsunami di Aceh pada tahun 2004.

Jepang akan bangkit dengan menjadikan Indonesia sebagai contoh. Seperti Indonesia yang berhasil mengatasi kesulitan tersebut, Jepang pun akan mengatasi hal ini, bahkan kami percaya akan mampu mengatasinya.

Ungkapan perhatian yang telah kami terima selama ini akan menjadi sumber semangat kekuatan kami, sehingga membuat kami lebih berusaha lagi. Jepang pasti akan menunjukkan kemampuan untuk bangkit dan pulih kembali.

Terima kasih, Indonesia.

Kojiro Shiojiri, Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper