Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RI-Jepang bahas isu kemitraan strategis

JAKARTA; RI-Jepang sepakat melakukan dialog strategis tingkata menteri luar negeri untuk membahas kemitraan dua negera.Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Jepang Takeaki Matsumoto yang tengah berkunjung ke Bali

JAKARTA; RI-Jepang sepakat melakukan dialog strategis tingkata menteri luar negeri untuk membahas kemitraan dua negera.Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Jepang Takeaki Matsumoto yang tengah berkunjung ke Bali untuk menghadiri pertemuan menteri luar negeri terkait Asean. Pokok-pokok pembicaraan kedua menlu itu meliputi hubungan bilateral kedua menlu sepakat untuk meningkatkan kemitraan strategis kedua negara.Pertemuan itu seraya menindaklanjuti hasil kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Juni tahun ini dan menerapkan kerangka Dialog Strategis Tingkat Menteri. Menlu Matsumoto mengusulkan ingin mengkoordinasikan penyelenggaraan awal dari pertemuan ekonomi tingkat menteri dan lain-lain, serta telah mendapatkan persetujuan dari Menlu Marty, demikian siaran pers Kedubes Jepang hari ini.Selain itu kedua menlu saling bertukar pendapat mengenai kerja sama di bidang Peace Keeping Operation (PKO), Bali Democracy Forum, bantuan bagi pembangunan negara Palestina dan perkembangan MPA/Metropolitan Priority Area (Pembangunan Areal Prioritas Metropolitan Ibu Kota Jakarta) bagi perbaikan iklim investasi. Sementara isu-isu kawasan regional dan global yang dibicarakan adalah penyelenggaraan tukar pendapat sehubungan penanganan EAS dan ARF kali ini. Selain itu juga diadakan tukar pendapat mengenai situasi perbatasan Thailand dan Kamboja, perubahan iklim dan lainnya.Dialog Strategis Tingkat Menteri pertama antara Menlu Jepang Maehara (menlu pada waktu itu) dan Menlu Marty telah diselenggarakan di Tokyo pada Februari tahun ini. (arh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper