Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Flu burung masih berpotensi jadi pandemi

JAKARTA: Avian influenza (flu burung) masih merupakan salah satu ancaman untuk terjadinya pandemi di dunia, apalagi kalau kelak terjadi mutasi dan timbul strain baru yang dapat menular antar manusia. Laporan kejadian avian influenza pada unggas, masih

JAKARTA: Avian influenza (flu burung) masih merupakan salah satu ancaman untuk terjadinya pandemi di dunia, apalagi kalau kelak terjadi mutasi dan timbul strain baru yang dapat menular antar manusia. Laporan kejadian avian influenza pada unggas, masih terus ada di Indonesia. Yang terakhir kasusnya ditemui di Sidrap, Sulawesi Selatan, dan juga di beberapa daerah lain.Kejadian flu burung pada manusia di negeri kita memang sudah menurun tajam. Sepanjang 2011 hingga Juli ini ada 7 kasus pada manusia, ujar Tjandra Yoga Aditama, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan, melalui email, hari iniTjandra menuturkan kasus AI pada unggas pertama kali ditemukan di Indonesia pada 2003 di Kab. Pekalongan, Jawa Tengah, dan Kab. Tangerang, Banten. Selanjutnya, kasus pertama AI pada manusia di Indonesia ditemukan Juni 2005 pada seorang bapak dan anaknya di Serpong,- Tangerang Banten. Sejak itu sampai Juli 2011, sudah ada 178 kasus AI di Indonesia, yang tersebar di 13 propinsi. Pemerintah, tuturnya, terus menggelar kampanye untuk mengantisipasinya, mewaspadai dan melakukan persiapan untuk kemungkinan terjadinya Pandemi. Tjandra kemarin baru membuka pertemuan advokasi kegiatan model harmonisasi surveilans epidemiologi dan virologi influenza (H5N1 dan influenza lainnya, berbasis sentinel di Jakarta. Selain kewaspadaan terhadap pandemik, katanya, perlu diperhatikan pentingnya kegiatan promosi kesehatan ke masyarakat, melakukan surveilans epidemiologi untuk mengetahui trend dan kecenderungan penyakit, serta aksi yang harus dilakukan.Sebaiknya juga melibatkan dan memanfaatkan semua sistem yang sudah ada, dan kemudian mengharmonisasikannya secara bersama. Tidak selalu perlu membentuk sistem baru lagi sepanjang harmonisasi dapat berjalan baik, katanya.Avian influenza adalah penyakit zoonosis, ditularkan dari binatang (dalam hal ini unggas) ke manusia. Artinya kerja sama erat antara aparat kesehatan dan aparat peternakan, merupakan salah satu kunci penanganannya, ungkapnya.(mmh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper