Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produksi CPO Astra Agro naik 26,2%

JAKARTA: PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) mencatatkan total produksi minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) mencapai 594.136 ton sepanjang semester I/2011 naik 26,2% dari periode yang sama tahun lalu 470.993 ton.Hingga saat ini perseroan belum membeberkan

JAKARTA: PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) mencatatkan total produksi minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) mencapai 594.136 ton sepanjang semester I/2011 naik 26,2% dari periode yang sama tahun lalu 470.993 ton.Hingga saat ini perseroan belum membeberkan harga rata-rata penjualan CPO pada 6 bulan pertama ini. Namun jika memakai harga rata-rata penjualan CPO perseroan pada kuartal I/2011 yang berada pada level Rp8.278/kg, penjualan CPO perseroan periode ini mencapai Rp4,91 triliun dari sebelumnya Rp3,89 triliun.Corporate Planning and Investor Relations Astra Agro Yarmanto mengatakan pihaknya belum dapat mengungkapkan nominal harga rata-rata dan total penjualan dari sisi nominal mengingat masih dalam valuasi.Rata-rata harga CPO kami akan di-publish paling cepat pekan ini atau pekan depan. Akan tetapi melihat tren harga komoditas yang turun sejauh ini, harga rata-rata agaknya di bawah Rp8.278/kg mesti kami belum valuasi finalnya berapa, katanya dihubungi Bisnis, kemarin.Dia mengatakan tumbuhnya produksi CPO perseroan ditunjang dengan kenaikan produksi tandan buah segar (TBS) sebesar 20,2% dari 1,82 juta ton pada semester I/2010 menjadi 2,19 juta ton semester I/2011. Adapun yield atau imbal hasil rata-rata juga meningkat 15,7% dari 8,59 ton/ha pada semester I/2010 menjadi 9,94 ton/ha pada semester I/2011.Yarmato mengatakan imbas penurunan harga CPO memang berpengaruh terhadap patokan harga jual rata-rata perseroan. Akan tetapi perseroan dapat meningkatkan produksi TBS pada periode tersebut.Di Malaysia Derivatives Exchange, salah satu bursa patokan harga CPO dunia, memperlihatkan fluktuasi harga CPO masih terjadi saat ini di mana pada perdagangan Selasa sore pekan ini turun 32% menjadi RM3.041 per ton untuk kontrak pengiriman September. Akhir bulan lalu, harga CPO masih tinggi pada level RM3.112 (US$1.025) per metrik ton. (bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper