Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sekar Bumi incar 51% saham Bumifood

SURABAYA: PT Sekar Bumi Tbk berencana mengakuisisi 51% saham PT Bumifood Industry, distributor makanan olahan, dengan cara pembelian saham.Presdir Sekar Bumi, perusahaan delisting dengan bisnis inti penangkapan udang yang berbasis di Sidoarjo, Jawa Timur,

SURABAYA: PT Sekar Bumi Tbk berencana mengakuisisi 51% saham PT Bumifood Industry, distributor makanan olahan, dengan cara pembelian saham.Presdir Sekar Bumi, perusahaan delisting dengan bisnis inti penangkapan udang yang berbasis di Sidoarjo, Jawa Timur, Harry Lukminto mengatakan perseroan akan membeli mayoritas saham Bumifood agar bisa menjadi pengendali perusahaan. Menurut dia, dana untuk mengakuisisi Bumifood, distributor yang berbasis di Japanan, Pasuruan, seluruhnya diperoleh dengan mekanisme right issue. "Right issue akan dikoordinasikan segera dan akuisisi ditargetkan selesai pada semester II/2011," katanya seusai rapat umum pemegang saham 2011 di Surabaya, hari ini.Namun, kata Harry, perseroan masih belum bisa menyebut target perolehan right issue dan penjamin emisi yang telah disiapkan. Perseroan akan mengumumkan bersamaan dengan laporan otoritas pasar modal Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam LK). "Kita tunggu saja nanti. Target kami membeli lebih dari 51% saham Bumifood," katanya. Pembelian akan dilakukan setelah diperoleh hasil penilaian dan opini dari penilai independen atas transaksi pembelian saham Bumifood. "Diharapkan dapat memperbaiki laporan keuangan perseroan menjadi lebih baik melalui peningkatan kinerja dan ekuitas positif." Perseroan, kata dia, mengincar Bumifood dengan alasan perusahaan itu telah memiliki kapasitas produksi dan jaringan distribusi. Setelah akuisisi itu, Sekar Bumi akan melakukan pengembangan di wilayah Jakarta. Sebelumnya, Direktur Produksi Sekar Bumi Gary Iyawan mengatakan perseroan akan menggenjot produksi hingga 33,33% atau naik menjadi 10.000 ton per tahun dari produksi 2010 yang hanya mencapai 7.500 ton per tahun. Kapasitas produksi terpasang pengolahan milik Sekar Bumi mencapai 12.000 ton per tahun. (ea)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper