Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengangguran di Korsel ke titik terendah

SEOUL: Tanpa diduga tingkat pengangguran di Korea Selatan turun ke titik terendah dalam enam bulan seiring ekspansi ekonomi yang mendorong lapangan pekerjaan di sektor manufaktur dan kesehatan.Tingkat penganggguran turun menjadi 3,3% pada Mei dari 3,6%

SEOUL: Tanpa diduga tingkat pengangguran di Korea Selatan turun ke titik terendah dalam enam bulan seiring ekspansi ekonomi yang mendorong lapangan pekerjaan di sektor manufaktur dan kesehatan.Tingkat penganggguran turun menjadi 3,3% pada Mei dari 3,6% pada April, ungkap Statistics Korea hari ini di Gwacheon, selatan Seoul. Sebanyak 10 ekonom dalam survei Bloomberg News rata-rata mengestimasi tingkat pengangguran 3,7%.Pertumbuhan lapangan pekerjaan dan kenaikan upah menambah tingkat inflasi yang melampaui target bank sentral sejak Januari. Kondisi ini mendorong bank menaikkan tingkat suku bunga pekan lalu untuk ketiga kali tahun ini. Pertumbuhan lapangan kerja mungkin turun dari level Mei sementara data mulai menunjukkan pemulihan, ungkap Kementerian Keuangan pekan ini."Kenaikan jumlah tenaga kerja mengindikasikan pertumbuhan positif dan mendorong bank of Korea menaikkan suku bunga pekan lalu. Data ketenagakerjaan akan memberikan dorongan tambahan bagi won dan suku bunga," ujar Dariusz Kowalczyk, ekonom pada Credit Agricole CIB yang berbasis di Hong Kong.Nilai tukar won naik 0,2% menjadi US$1.080,75 di Seoul pada pembukaan pasar pagi ini setelah data ketenagakerjaan itu diumumkan, menurut data yang dikompilasi Bloomberg. Indeks Kospi menguat 0,5%.(taufik wisastra/tw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper