Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkat okupansi Whiz Hotel pulih

JAKARTA: Tingkat okupansi kamar Whiz Hotel Yogyakarta kembali pulih menjadi sekitar 70%, bahkan pada akhir pekan atau liburan panjang bisa mencapai 100%, setelah sebelumnya hanya mencatat 20% akibat erupsi Gunung Merapi.Ndang Mulyadi, Direktur Operasional

JAKARTA: Tingkat okupansi kamar Whiz Hotel Yogyakarta kembali pulih menjadi sekitar 70%, bahkan pada akhir pekan atau liburan panjang bisa mencapai 100%, setelah sebelumnya hanya mencatat 20% akibat erupsi Gunung Merapi.Ndang Mulyadi, Direktur Operasional PT Intiwhiz International, anak usaha PT Intiland Development Tbk yang mengelola jaringan Whiz Hotel, menjelaskan kenaikan tingkat hunian kamar hotel itu terjadi sejak tiga bulan terakhir. Menurut dia, tren tersebut selain disebabkan oleh faktor membaiknya kondisi sektor pariwisata, juga dipengaruhi oleh meningkatnya aktivitas Meeting, Incentive, Conference dan Exhibition (MICE) yang diadakan di kota Yogyakarta. Sebelumnya, BPS Yogyakarta mengeluarkan data yang menunjukan tingkat okupansi kamar hotel berbintang sempat menoreh catatan terburuk pada November 2010. Tingkat okupansi hotel berbintang yang biasanya rata-rata berkisar 60%, sempat anjlok ke angka 17,4%."Di Whiz Hotel Yogya, peningkatan permintaan kamar bukan hanya terjadi pada akhir pekan, tetapi juga di hari-hari kerja. Kondisi ini menandakan mulai membaiknya sektor pariwisata dan mulai maraknya penyelenggaraan aktivitas MICE," kata Ndang dalam rilis yang diterima Bisnis hari ini. Kondisi ini, katanya, memberikan sinyalemen positif bagi potret industri perhotelan di Yogyakarta yang sempat terpuruk pascabencana erupsi Merapi. Pada saat itu tingkat okupansi kamar hotel rata-rata turun 40%, di mana kegiatan MICE yang menjadi salah satu andalan bagi industri perhotelan juga nyaris tidak pernah diselenggarakan. Pulihnya tingkat hunian kamar di hotel, kata Ndang, disebabkan oleh sejumlah faktor di antaraNya adalah meningkatnya kembali jumlah kunjungan wisatawan. Selain itu karena sejumlah langkah terobosan manajemen Whiz Hotel dari sisi pemasaran dan mutu layanan. (tw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper