Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rating Sinarmas Life AA+ dengan prospek stabil

JAKARTA: Lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings memberikan peringkat AA+(idn) Insurer Financial Strength dengan stable outlook kepada PT Asuransi Jiwa Sinarmas. Peringkat tersebut, berdasarkan keterangan pers Fitch, mencerminkan kekuatan Sinarmas

JAKARTA: Lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings memberikan peringkat AA+(idn) Insurer Financial Strength dengan stable outlook kepada PT Asuransi Jiwa Sinarmas. Peringkat tersebut, berdasarkan keterangan pers Fitch, mencerminkan kekuatan Sinarmas Life di industri asuransi nasional karena ditunjang oleh kinerja tanpa sentimen negatif dan kekuatan permodalan. Peringkat ini juga diharapkan bermanfaat untuk rencana Mitsui Sumitomo Insurance mengakuisisi 50% saham Sinarmas Life. Selain itu, peringkat AA+(idn) mencerminkan profil konsentrasi bisnis perseroan pada produk asuransi dwiguna dan unit linked berpremi tunggal, serta dominasi jalur distribusi bancassurance terhadap pendapatan premi. Pertumbuhan premi Sinarmas Life dinilai cukup baik dalam 3 tahun terakhir dan tercatat sebagai salah satu dari tiga perusahaan asuransi terbesar di Indonesia dengan total pangsa pasar di atas 10% dari total premi. Namun, Fitch mencatat produk asuransi berpremi tunggal ini ditawarkan sebagai pengganti deposito dan menunjukkan rasio penurunan yang besar dibandingkan dengan produk asuransi tradisional. Lini bisnis produk asuransi berpremi tunggal ini bisa menjadi tantangan yang meningkatkan persaingan industri. Suntikan modal dari Mitsui Sumitomo diyakini akan memperbesar permodalan Sinarmas Life. Rasio modal terhadap aset perseroan mencapai 13,1% pada akhir 2010. Manajemen Mitsui Sumitomo juga akan terlibat aktif dalam mengelola perseroan. Menurut Fitch, keterlibatan ini akan membantu meningkatkan keragaman bisnis dan manajemen. Fitch mengharapkan Sinarmas mampu mempertahankan performa bisnis yang stabil didukung oleh permodalan dan posisi di industri asuransi jiwa nasional. (luz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Sofi’I
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper