Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Anak perusahaan BUMN akan IPO tahun depan

JAKARTA: Kementerian BUMN berencana melepas saham perdana ke publik (initial publik offering/IPO) tiga anak perusahaan BUMN paling cepat tahun depan. Menteri BUMN Mustafa Abubakar mengungkapkan ketiga anak perusahaan itu adalah PT Tugu Pratama Indonesia

JAKARTA: Kementerian BUMN berencana melepas saham perdana ke publik (initial publik offering/IPO) tiga anak perusahaan BUMN paling cepat tahun depan. Menteri BUMN Mustafa Abubakar mengungkapkan ketiga anak perusahaan itu adalah PT Tugu Pratama Indonesia yang merupakan anak perusahaan dari PT Pertamina (Persero) dan dua anak usaha milik PT Krakatau Steel Tbk. "Saya lupa namanya untuk yang Krakatau. Intinya kalau ada anak-anak BUMN yang sudah siap IPO, kami akan dorong," katanya saat ditemui di Jakarta, hari ini. Menurut dia, Kementerian BUMN akan mendorong perusahaan pelat merah dan anak usahanya yang sudah siap IPO untuk segera go public. Dia mengungkapkan kemungkinan tahun ini tidak ada perusahaan pelat merah yang akan go public karena semuanya masih dalam proses persiapan. "Tahun ini kami harapkan Semen Baturaja tapi kelihatannya mereka masih memerlukan waktu untuk memenuhi syarat-syaratnya," kata Mustafa. Selain itu, ujar Menteri BUMN tersebut, Perum Pegadian yang diharapkan IPO tahun ini juga masih dalam proses perubahan status dari perum ke persero. "Pegadaian juga diminta mempercepat proses perubahan statusnya. Kalau selesai, nanti akan bareng bersama dengan Semen Baturaja," ujarnya. Setelah itu, Mustafa melanjutkan giliran Holding PTPN yang akan melepas saham perdananya ke publik. "Holding PTPN selesai sekitar kuartal III/2011 atau paling lambat akhir tahun ini. Jadi mungkin 2012 sudah mulai persiapan menuju IPO," ungkapnya. (luz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Sofi’I
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper