Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konsorsium pemegang saham BFI tak wajib gelar penawaran tender

JAKARTA: Garibaldi Boy Thohir dan konsorsium pemegang saham baru PT BFI Finance Indonesia Tbk tidak diwajibkan menggelar penawaran tender. Hal itu menyusul pembelian sebanyak 45% saham perusahaan pembiayaan itu dan menjadi pemegang saham pengendali.

Kepala Biro Penilaian Keuangan Perusahaan Sektor Jasa Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) Gonthor Ryantori Azis mengatakan tender offer tidak diwajibkan karena mempertimbangkan pemegang saham sudah menjadi pengendali emiten.

Konsorsium investor baru yang dipimpin Boy Thohir terdiri dari Trinugraha Capital & Co (TC&Co), TPG Capital, dan Northstar Equity Partners.

Sebelum mengambil alih, dia [pemegang saham baru] sudah menjadi pengendali yang tercermin dari manajemen direksi dan komisaris perusahaan, ujarnya kepada pers akhir pekan lalu.

Akuisisi 45% saham BFI Finance dilakukan Boy Thohir senilai Rp1,44 triliun pada awal bulan ini. Dalam siaran persnya pada saat pengumuman pembelian saham, Direktur PT BFI Finance Indonesia Tbk Cornelius Henry Kho pembelian 45% saham perseroan oleh TC&Co dilakukan dari pemegang saham non-pengendali perusahaan.

Cornelius mengatakan nilai transaksi pembelian saham emiten berkode BFIN sebesar 45% saham itu setara dengan sekitar Rp1,44 triliun. Perubahan pemegang saham, katanya, tidak berdampak kepada operasional perseroan.

Namun dirinya belum mengetahui secara ditel pemegang saham mana yang melepas kepemilikan saham kepada investor baru tersebut mengingat transaksi itu antara para pemegang saham. Secara ditel kami belum bisa menginformasikan transaksi ini dan pihak mana yang menjual, tapi nilainya sekitar Rp1,44 triiun, katanya.(api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper