Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Irene tumbang di kualifikasi dunia

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable{mso-style-name:"Table Normal";mso-tstyle-rowband-size:0;mso-tstyle-colband-size:0;mso-style-noshow:yes;mso-style-priority:99;mso-style-qformat:yes;mso-style-parent:"";mso-padding-alt:0in

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable{mso-style-name:"Table Normal";mso-tstyle-rowband-size:0;mso-tstyle-colband-size:0;mso-style-noshow:yes;mso-style-priority:99;mso-style-qformat:yes;mso-style-parent:"";mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;mso-para-margin:0in;mso-para-margin-bottom:.0001pt;mso-pagination:widow-orphan;font-size:11.0pt;font-family:"Calibri","sans-serif";mso-ascii-font-family:Calibri;mso-ascii-theme-font:minor-latin;mso-fareast-font-family:"Times New Roman";mso-fareast-theme-font:minor-fareast;mso-hansi-font-family:Calibri;mso-hansi-theme-font:minor-latin;mso-bidi-font-family:"Times New Roman";mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Olahraga

28 Mei 2011

Oleh Mulia Ginting Munthe

Bisnis Indonesia

JAKARTA: Grandmaster Irene Kharisma Sukandar akhirnya terganjal pada babak keenam di kejuaraan catur babak kualifikasi Piala Dunia 2011 yang tengah berlangsung di Tagaytay City, Filipinaakibat terlalu berambisi meraih kemenangan.

Kristianus Liem, Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB Percasi, dari Tagaytay City melaporkan kepada Bisnis hari ini bahwa kegagalan yang dialami Irene Kharisma ketika bertemu demean pecatur unggulan pertama di kejuaraan ini, yakni Li Ruofan dari Singapura.

Akibat kekalahan itu, membuat angka perolehan Irene tertahan dengan 4,5 poin, dan tetap berada di pucuk pimpinan klasemen sementara meski bersama demean empat pecatur lainnya, yakniLi Ruofan, GM Le Than Thu (Vietnam), GM Tugshintugs Batchimeg (Mongolia) dan GM Nguyen Thi Than An (Vietnam). Nguyen Thi Than An akan menjadi lawan GM Irene pada babak ketujuh.

Menurut Kristianus, kekalahan sebenarnya bisa dihindari Irene demean mudah. Situasinya menjadi berbeda ketika Irene hendak menaklukkan GM Li Ruofan untuk menambah koleksi angka kemenangan, sekaligus membuka peluang lolos ke kejuaraan dunia 2011 di Rusia.

Meski demikian, wakil Indonesia dari kelompok putra, yakni GM Susanto Megaranto membuka peluang meraih tiket ke kejuaraan dunia, setelah menundukkan unggulan pertama GM Zhang Zhong dari Singapura.

Meski jumlah elo rating Susanto masih tertinggal di bawah lawannya, yakni 2.529 berbanding 2.592, namun Susanto mampu menaklukkan pemain Singapura yang merupakan atlet naturalisasi dari China.

Kemenangan itu membuat Susanto mengumpulkan 4,5 poin atau berbeda setengah angka dari pimpinan klasemen sementara GM Laylo Darwin (2.516) dari Filipina . Ada tiga pecatur lain mengumpuklan nilai sama dengan Susanto, yakni GM Eugene Torre (Filipina), MI Kevin Goh Wei Ming (Singapura) dan GM Mark Paragua (Filipina), dan lawan Susanto pada babak ketujuh.

Kejuaraan catur ini menyediakan dua tiket di bagian putra dan satu tiket di bagian putri untuk lolos ke Kejuaraan Dunia di Khanty-Mansiysk, Rusia. Indonesia mengirimkan seluruh pecatur Pelatnas Sea Games 2011 yang terdiri dari 12 pecatur putra dan 11 pecatur putri.

Ini merupakan ajang ujicoba terakhir sebelum evaluasi dan diadakan penyusutan pemain. Turut mendampingi pemain ke Filipina pelatih nasional MI Irwanto Sadikin dan Yoseph Rudijanto Majella.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Sarwani
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper