Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nurdin Halid: Mindset gerakan koperasi harus berubah

Wirausaha

Wirausaha

28 Mei 2011

Oleh Mulia Ginting Munthe

Bisnis Indonesia

BANDUNG: Dewan Koperasi Indonesia mengingatkan seluruh anggota gerakan perekonomian berbasis masyarakat itu harus mengubah pola pikir dan pola tindak menghadapi perubahan dan pemberdayaan ke depan.

Nurdin Halid, Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) menegaskan pola pikir dan pola tindak yang harus diubah mencakup beberapa hal, yakni semangat untuk berubah maupun strategi yang komprehensif.

Semangat pembaharuan harus tumbuh dan berkembang dalam diris setiap anggota, karena semangat merupakat impkementasi dari tekad untuk maju, ujar Nurdin Halid pada peresmian kegiatan Dekopin 2011 di Gedung Senbik, Bandung, Jawa Barat, hari ini.

Menurut dia, kenajuan bisa dicapai apabila para anggota Dekopin mau merubah pola pikir atau mindset-nya. Hal ini diperlukan untuk menghadapi turbulensi persaingan yang sangat tajam dan dinamika perbahan yang ekstrim. Baik untuk lokal, regional maupun global.

Oleh karena itu, jika koperasi ingin kuat memasuki pasar global, maka setiap komponen gerakan koperasi harus menata ulang pola piker dan pola tindak demean mengededanpankan prinsip-prinsip koperasi.

Terutama untuk memanfaatkan peluang ekonomi sebagai nilai tambah perubahan. Sebab, katanya, keunggulan hanya bisa tercapai apabila gerakan koperasi mampu menjaga inetgritas, percepatan pertumbuhan, dan berperan aktif mendorong pemberdayaan rakyat.

Selain itu, gerakan koperasi harus memperkokoh landasan kinerja menuju Dekopin yang kuat melalui strategi berbasis manajemen strategis, sebagaimana yang diuraikan dalam rencana strategi Dekopin 2010-2014.

Pada tahun ini untuk mencapai menuju tercapainya sasaran seperti yang telah dirumuskan untuk bisa beraya saing dalam pasar global, Dekopin melanjutkannya demean menekankan pada fungsi fasilitasi usaha bagi anggotanya.

Pada dua tahun lalu Dekopin telah melakukan pemantapan organisasi. Tahun ini seluruh kegiatan Dekopin mengenai fungsi edukasi, fasilitasi, advokasi dan sosialisasi, diarahkan dalam kerangka meningkatkan kapasitas koperasi-koperasi, khususnya anggota Dekopin.

Sebagai organisasi gerakan koperasi yang bertugas memberi fasilitasi, Dekopin percaya bahwa untuk memberikan perkuatan kapasitas kelembagaan bagi anggota, perlu melalui peningkatan kerja sama.

Kerja sama yang diharapkan bisa dilaksanakan Dekopin ada dalam dua perspektif, yakni pendekatan sektoral komoditas usaha yang dijalankan anggotanya maupun dengan mitra eksternal di luar gerakan koperasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Sarwani
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper