Jepang buka misi diplomatik dengan Asean

JAKARTA: Jepang resmi menjadikan Asean sebagai kesatuan diplomatik Jepang terbaru. Hal ini merupakan misi diplomatik kedua bagi Asean dari negara anggota non-Asean.
M. Faisal
M. Faisal - Bisnis.com 28 Mei 2011  |  04:36 WIB

JAKARTA: Jepang resmi menjadikan Asean sebagai kesatuan diplomatik Jepang terbaru. Hal ini merupakan misi diplomatik kedua bagi Asean dari negara anggota non-Asean.

Jepang menjadi mitra dialog yang paling pertama bagi Asean segera setelah pembentukan Asean pada 1967. Sejak itu, Jepang dan Asean telah berbagi banyak kesamaan, seperti budaya, suku bangsa dan kebiasan sebagai tetangga di Asia.Jepang dan Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (Asean) telah memelihara hubungan khusus dan sering digambarkan sebagai kemitraan hati ke hati. Asean dinilai terus menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa dalam ekonomi global. Hal ini sangat diperlukan bagi pertumbuhan ekonomi Jepang. Saat ini, Jepang dan Asean telah menjadi mitra yang tidak tergantikan satu sama lain melalui kerja sama di bidang politik dan keamanan serta kebudayaan.Pembukaan misi Jepang untuk Asean itu menunjukkan kebulatan tekad dalam memperkuat hubungan kerja sama antara Jepang dan Asean. "Hal ini ditujukan bagi pembangunan dan kemakmuran bersama di Jepang dan luar Jepang," kata Minister-Counsellor Jepang Takako Ito, kemarin. Misi ini diketuai oleh Duta Besar Jepang untuk Asean Takio Yamada yang merupakan duta besar untuk Asean dari negara anggota non-Asean yang pertama menetap di Jakarta. (spr)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top