Astra Daihatsu Motor bangun pabrik baru di Karawang Timur

KARAWANG: PT Astra Daihatsu Motor memulai pembangunan pabrik baru senilai Rp2,1 triliun dengan kapasitas 100.000 unit per tahun di Karawang Timur, Jawa Barat.
Arif Budi Winarto
Arif Budi Winarto - Bisnis.com 27 Mei 2011  |  08:26 WIB

KARAWANG: PT Astra Daihatsu Motor memulai pembangunan pabrik baru senilai Rp2,1 triliun dengan kapasitas 100.000 unit per tahun di Karawang Timur, Jawa Barat.

Pembangunan pabrik baru di atas lahan seluas 70.000 meter persegi tersebut ditandai dengan pemancangan tiang pertama yang dihadiri oleh Menperin M.S. Hidayat, Presiden Direktur Astra Daihatsu Motor (ADM) merangkap Direktur PT Astra International Tbk Sudirman MR, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori.

Selain itu, acara tersebut juga dihadiri oleh Bupati Karawang Ade Swara, Presiden Direktur Daihatsu Motor Company Koischi Ina, Senior Managing Director Toyota Motor Corporation Takahiro Iwase, Managing Executive Officer Toyota Tsusho Corporation Hiroshi Takano dan Senior Executive Director ADM Takashi Namoto.

Sudirman mengatakan pabrik baru tersebut akan mulai beroperasi pada akhir 2012. Pabrik baru ini, katanya, akan menambah kapasitas produksi ADM dari 330.000 unit per tahun menjadi 430.000 unit per tahun.

"Peningkatan ini sesuai dengan perkembangan pasar mobil di Indonesia yang terus meningkat dari tahun ke tahun, demikian pula dengan permintaan pasar ekspor," ungkapnya hari ini.

Dia mengatakan alasan pemilihan lokasi pembangunan yang bergeser ke Karawang karena kawasan Sunter, Jakarta sudah tidak memungkinkan lagi untuk dilakukan peningkatan kapasitas, karena keterbatasan lahan.

Dengan investasi Rp2,1 triliun, pabrik baru ADM didesain memiliki kemampuan proses stamping, welding, painting, dan assembly.

Sudirman mengungkapkan penambahan pabrik baru tersebut akan menyerap 1.400 pekerja baru. ADM, katanya, mengharapkan peningkatan kapasitas itu dapat memenuhi permintaan pasar domestik dan ekspor, baik untuk merek Daihatsu maupun Toyota.

"Desain pabrik baru Daihatsu ini disesuaikan dengan kondisi Indonesia dan akan menjadi pabrik mobil yang ideal dengan menerapkan green process dan eco friendly. Pabrik ini diharapkan akan menjadi salah satu aset nasional kebanggaan bangsa Indonesia," katanya.

Saat ini Daihatsu telah berkontribusi pada perkembangan industri otomotif Indonesia, bersama dengan industri pemasok yang melibatkan 155 perusahaan pemasok lapis pertama dan 850 perusahaan pemasok lapis kedua dengan total pekerja 507.000 orang. Terhitunga sejak 1977 hingga 2005, total produksi Daihatsu mencapai 1 juta unit dan 5 tahun kemudian menjadi 2 juta unit.

Produksi ADM tumbuh signifikan selama 5 tahun terakhir sebesar 315%, yaitu dari 95.496 unit pada 2006 menjadi 300.373 unit pada 2010. (bas)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top