Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semen Baturaja kaji konsultan independen untuk IPO

JAKARTA: PT Semen Baturaja (Persero) sedang mengkaji konsultan independen untuk menentukan pelaksanaan pelepasan saham perdana. Corporate Secretary Semen Baturaja Zulkifri Subli mengakui hingga saat ini perseroan belum memastikan realisasi rencana aksi

JAKARTA: PT Semen Baturaja (Persero) sedang mengkaji konsultan independen untuk menentukan pelaksanaan pelepasan saham perdana. Corporate Secretary Semen Baturaja Zulkifri Subli mengakui hingga saat ini perseroan belum memastikan realisasi rencana aksi korporasi itu apakah tahun ini atau tahun depan. Semen Baturaja berencana menunjuk konsultan independen sebelum melangkah lebih jauh dengan penjamin pelaksana emisi (underwriter). Kami masih mencari konsultan keuangan independen, untuk tentukan timing. Kami ingin IPO itu terlaksana sebaik mungkin, sehingga kami ingin konsultasikan dulu, dengan kebutuhan dana kami, rencana bisnis, dan keadaan saat ini, apakah sebaiknya tahun ini atau tahun depan. Jadi belum sampai ke penunjukkan underwriter, ujarnya saat dihubungi Bisnis, hari ini. Selain pencarian konsultan independen, lanjutnya, divisi internal BUMN semen itu juga terus menyiapkan aspek hukum dan laporan-laporan keuangan untuk melaksanakan initial public offering (IPO). Semen Baturaja berencana melepas 30% saham ke publik dan berharap memperoleh dana sekitar Rp1 triliun. Dana tersebut digunakan untuk tambahan dana membangun pabrik berkapasitas 1,5 juta ton per tahun dengan nilai total Rp2,3 triliun. Zulkifri menjelaskan selain dari IPO, dana pembangunan pabrik itu berasal dari kas internal perseroan Rp0,2 triliun dan utang Rp1,1 triliun. Dia melanjutkan perseroan masih mempertimbangkan apakah melalui pinjaman perbankan atau obligasi atau kombinasi keduanya. Menteri BUMN Mustafa Abubakar beberapa waktu lalu juga belum memastikan pelaksanaan IPO BUMN semen itu. Sementara itu, dia juga mengakui belum ada perusahaan BUMN lainnya yang diajukan untuk IPO pada tahun ini. Kami memang ingin banyak perusahan BUMN yang IPO pada tahun ini, tetapi ternyata memang belum ada kesiapan. Kami serahkan kembali ke BUMN-nya agar hasilnya juga bisa bagus. Untuk Semen Baturaja masih berproses tetapi belum tahu juga apakah tahun ini atau tahun depan, katanya. (luz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Sofi’I
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper