Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Istana perketat keamanan ganti pemindai

JAKARTA: Istana Kepresidenan terus memperketat pengamanannya dengan mengganti alat pemindai ke produk lebih canggih yang bisa mendeteksi bahan kimia, termasuk narkoba. Alat pemindai yang dipasang sejak kemarin sore itu baru dioperasikan hari ini di dua

JAKARTA: Istana Kepresidenan terus memperketat pengamanannya dengan mengganti alat pemindai ke produk lebih canggih yang bisa mendeteksi bahan kimia, termasuk narkoba. Alat pemindai yang dipasang sejak kemarin sore itu baru dioperasikan hari ini di dua pintu Istana Kepresidenan. Alat canggih tersebut buatan Jerman bermerek X Ray Tek Smiths Detection yang digerakkan dengan tenaga listrik berkekuatan 0,9 kVA.Alat ini sudah ada sejak menjelang KTT Asean [yang diselenggarakan 7-8 Mei 2011], kata petugas yang berjaga di pintu masuk Istana.Kalangan wartawan yang biasa memindai tasnya sempat terpana ketika pertama kali melihatnya, mengingat ukuran alat baru tersebut dua kali lebih besar dari yang lama, dengan tambahan mesin di atasnya.Besar alat yang baru itu diperkirakan hampir sama dengan alat pemindai tas dan peralatan di pintu masuk bandara, yaitu alat pemindai yang mampu dilewati oleh koper berukuran besar.Sebelumnya, pada 25 April 2011 Istana juga sempat melakukan pengetatan pengawasan dengan melarang wartawan yang biasa meliput kegiatan Presiden memboyong tas jenis ransel masuk ke halaman dalam Istana. Ruangan wartawan sendiri terletak di dekat pintu masuk dan berada di halaman luar Istana.Pengetatan keamanan tersebut dilakukan tak lama setelah diumumkan adanya keterlibatan seorang kamerawan stasiun televisi swasta nasional dalam upaya pengeboman di Serpong yang berhasil digagalkan aparat.(er)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper