Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jepang hentikan PLTN Hamaoka

MOSKOW: Dua reaktor terakhir yang masih beroperasi di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Hamaoka, Jepang, dihentikan pada hari ini atas kekhawatiran adanya gempa bumi besar. Demikian dilaporkan kantor berita Kyodo. Perusahaan Listrik Chubu mengatakan

MOSKOW: Dua reaktor terakhir yang masih beroperasi di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Hamaoka, Jepang, dihentikan pada hari ini atas kekhawatiran adanya gempa bumi besar. Demikian dilaporkan kantor berita Kyodo. Perusahaan Listrik Chubu mengatakan pihaknya menghentikan reaktor nomer empat dan nomer lima atas permintaan dari pemerintah Jepang.Perdana Menteri Jepang Naoto Kan pekan lalu mengatakan bahwa pihak berwajib Jepang memutuskan untuk menghentikan kedua reaktor tersebut karena ada risiko gempa bumi dengan kekuatan 8,0 SR di wilayah Jepang yang menghadap Samudra Pasifik itu.Reaktor nomer satu dan nomer dua dibangun pada 1970-an, sudah dimatikan dua tahun lalu, sementara nomer tiga sedang dihentikan untuk perbaikan.Ada peluang 87% bahwa gempa bumi besar akan terjadi di wilayah tersebut dalam 30 tahun mendatang.Pemerintah Jepang telah meninjau keamanan seluruh reaktor nuklir miliknya yang berjumlah 54 unit sejak bencana gempa bumi dan tsunami 11 Maret yang merusak PLTN Fukushima di bagian timur laut pulau utama Honshu, dan menyebabkan kebocoran radiasi.Sementara itu, badan Survei Geologi Amerika Serikat melaporkan bahwa gempa bumi 6,2 SR terjadi di sebelah timur Honshu pada Sabtu pukul 8.35 waktu setempat (6.35 WIB). Tidak ada laporan kerusakan atau korban jiwa serta tidak ada peringatan bahaya tsunami.(er)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper