Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mandiri raup laba Rp3,78 triliun

JAKARTA: Laba bersih PT Bank Mandiri Tbk pada kuartal I/2011 meningkat 88,7% menjadi Rp3,78 triliun dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu sebesar Rp2 triliun, yang didukung pendapatan atas penjualan saham PT Garuda Indonesia Tbk. Direktur Utama

JAKARTA: Laba bersih PT Bank Mandiri Tbk pada kuartal I/2011 meningkat 88,7% menjadi Rp3,78 triliun dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu sebesar Rp2 triliun, yang didukung pendapatan atas penjualan saham PT Garuda Indonesia Tbk. Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini mengatakan penjualan saham Garuda Indonesia Rp1,4 triliun menopang keberhasilan peningkatan laba bersih menjadi Rp3,78 triliun. Jadi penyebab naiknya laba itu ada pendapatan dari saham Garuda yang meningkatkan pendapatan selain bunga, ujarnya hari ini.Penjualan saham Garuda Indonesia termasuk bagian kinerja dari pengumpulan kredit yang telah dihapus buku (extracomptable) yang mencapai Rp1,8 triliun pada kuartal I/2011. Menurut Direktur Mandiri Thomas Arifin selain dari Garuda Indonesia, perseroan juga mengumpulan extracomptable dari beberapa debitur termasuk PT Salindo Finance senilai Rp130 miliar. Sisanya berasal dari banyak debitur yang utangnya tidak terlalu besar, jelasnya.Pendapatan dari extracomptable ini telah meningkatkan pendapatan selain bunga menjadi Rp3,68 triliun atau meningkat sekitar 145,6% dari periode sebelumnya yang Rp1,49 triliun. Adapun untuk pendapatan bunga bersih naik sekitar 7,1% dari Rp4,63 triliun pada kuartal I/2010 menjadi Rp4,96 triliun pada 2011.Direktur Keuangan Mandiri Pahala N. Mansury mengatakan kenaikan laba juga didukung oleh pendapatan premi bersih Rp875 miliar dari PT Axa Mandiri Finansial Service, anak usaha yang bergerak di bidang asuransi jiwa. Selain itu laba dari anak usaha yang pada kuartal I mencapai Rp321,4 miliar juga mendukung kenaikan laba.Zulkifli menambahkan insentif pajak 5% yang diterima perseroan setelah melepas saham ke publik 40% juga mendukung kenaikan laba bersih. Sebelumnya kami dikenakan pajak penghasilan 25% setelah rights issue pajak kami menjadi 20%, jelasnya.Pahala menambahkan kredit selama tiga bulan pertama 2011 tumbuh sekitar 24,7% menjadi Rp251,78 triliun dari periode sebelumnya yang sekitar Rp210,93 triliun. Adapun dana pihak ketiga bertambah Rp43,77 triliun menjadi Rp356,67 triliun atau meningkat 14% dari periode sebelumnya sekitar Rp312,89 triliun.Kinerja tersebut telah meningkatkan aset Bank Mandiri menjadi Rp466,08 triliun, naik 16,7% dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 399,33 triliun. Adapun untuk rasio kecukupan modal tercatat sebesar 18,5% yang didukung penambahan modal setelah melakukan rights issue. (bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper