Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pefindo naikkan peringkat Bumi Serpong

JAKARTA: PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menaikkan peringkat PT Bumi Serpong Damai Tbk dan obligasi Bumi Serpong Damai II/2006 ke idA" dari idBBB+ dan memberikan outlook stabil terhadap perusahaan itu. Analis Pefindo Vonny Widjaja dan Rifan Firmansyah,

JAKARTA: PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menaikkan peringkat PT Bumi Serpong Damai Tbk dan obligasi Bumi Serpong Damai II/2006 ke idA" dari idBBB+ dan memberikan outlook stabil terhadap perusahaan itu. Analis Pefindo Vonny Widjaja dan Rifan Firmansyah, dalam siaran pers pada pekan lalu, mengatakan kenaikan peringkat menggambarkan posisi bisnis emiten properti ini yang kian kuat dengan dikonsolidasikannya PT Duta Pertiwi Tbk, PT Sinar Mas Teladan, dan PT Sinar Mas Wisesa.

Bumi Serpong Damai beserta tiga perusahaan tersebut berada di bawah divisi properti Sinarmas. Profil keuangan yang membaik juga mendukung kenaikan peringkat perseroan. Namun, tambah penjelasan siaran pers itu, peringkat ini dibatasi oleh persaingan yang ketat di daerah yang dilayani perusahaan dan karakteristik industri properti yang sensitif terhadap perubahan makro ekonomi.

Bumi Serpong Damai memperoleh 85,31% saham Duta Pertiwi, 60% saham Sinar Mas Teladan, dan 55% saham Sinar Mas Wisesa dengan total biaya pengambilalihan saham sebesar Rp4,4 triliun. Emiten yang sahamya diperdagangkan dengan kode BSDE ini menggelar penawaran umum terbatas pada Desember tahun lalu dan meraih dana sebesar Rp5 triliun.

Setelah dikurangi biaya transaksi, sebanyak 87,4% dari dana tersebut digunakan untuk pengambilalihan saham dan sisanya dialokasikan untuk modal kerja. (fh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anne Rufaidah
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper