Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Buku 'Growing Inclusive Market' diluncurkan

JAKARTA: Indonesia Global Compact Network (IGCN) meluncurkan buku yang merupakan wujud komitmen dalam mendorong terbentuknya industri nasional yang berkelanjutan dan memberikan kontribusi nyata pada lingkungan.Buku itu berjudul 'Growing Inclusive Markets-Indonesia

JAKARTA: Indonesia Global Compact Network (IGCN) meluncurkan buku yang merupakan wujud komitmen dalam mendorong terbentuknya industri nasional yang berkelanjutan dan memberikan kontribusi nyata pada lingkungan.Buku itu berjudul 'Growing Inclusive Markets-Indonesia Cases Vol. 1-2010 Creating Value for All, Strategies for Doing Business with the Poor'."Buku Growing Inclusive Market merupakan hasil studi dari sepuluh perusahaan di Indonesia yang dalam strateginya mengikutsertakan masyarakat miskin dalam rantai bisnis mereka, baik sebagai mitra usaha, produsen, pemasok, karyawan atau konsumen," ujar Presiden Indonesia Global Compact Network Y.W. Junardy dalam siaran pers yang diterima Bisnis.Sebanyak 10 perusahaan dipilih dari industri perbankan, transportasi, pertambangan, makanan, kosmetik, dan telekomunikasi. Laporan tersebut menunjukkan bisnis di sektor industri apapun bisa membangun peluang untuk mengembangkan pasar baru dengan memberdayakan masyarakat miskin."Inisiatif dari perusahaan yang termasuk dalam laporan ini merupakan contoh yang lebih dari sekadar praktik tradisional dalam hal corporate social responsibility," jelas Resident Coordinator of the United Nations Systems H.E. El-Mostafa Benlamlih.Menurut dia, inisiatif ini menggambarkan suatu kemitraan yang menekankan pentingnya peranan publik dan sektor swasta dalam usaha mencapai pembangunan yang lebih inklusif.Nila Djuwita F. Moeloek, Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk Millenium Development Goals (MDGs), menyatakan dukungannya agar perusahaan memiliki strategi khusus untuk bekerja sama dengan masyarakat miskin sehingga tercapai win-win solutions yang berkelanjutan dan mendukung tercapainya sasaran MDGs di Indonesia.Global Compact Network (GCN) adalah jejaring organisasi yang dibentuk PBB pada 2000 oleh Sekjen Koffi Annan. Di Indonesia, jejaring ini bernama Indonesia Global Compact Network (IGCN). IGCN merupakan organisasi agen perubahan dalam proses percepatan perubahan negara menuju pencapaian hak asasi manusia, ketenagakerjaan yang kompetitif, kelestarian lingkungan hidup, dan praktik bisnis yang beretika. IGCN berencana meluncurkan buku yang sama volume ke-2 pada 2011. (tw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper