84% Pelajar puas studi di Australia

JAKARTA: Sebanyak 84% pelajar internasional merasa puas terhadap pengalaman studi dan hidup mereka di Australia.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 29 Desember 2010  |  23:59 WIB

JAKARTA: Sebanyak 84% pelajar internasional merasa puas terhadap pengalaman studi dan hidup mereka di Australia.

Data tersebut berdasarkan hasil penelitian terbaru yang dikeluarkan Australian Education International (AEI), cabang internasional di bawah Departemen Pendidikan, Ketenagakerjaan dan Hubungan di Tempat Kerja (DEEWR) Australia.

Duta Besar Australia untuk Indonesia Greg Moriarty menyambut baik laporan National Survey of International Students Studying in Australia yang menunjukkan bahwa 84% pelajar internasional merasa puas atau sangat puas dengan pengalaman studi mereka dan 86% dengan pengalaman hidup mereka di Australia.

Selama hampir 60 tahun Australia telah menyambut kedatangan para pelajar Indonesia yang mendaftarkan diri ke sekolah-sekolah, universitas dan politeknik Australia guna mencari pendidikan berkualitas, ujar Dubes Moriarty, semalam.

Dalam survei terbaru yang dilaksanakan sejak akhir 2009 hingga pertengahan 2010 itu, 4 faktor utama yang mempengaruhi keputusan pelajar untuk belajar di tingkat perguruan tinggi di Australia adalah: kualitas pengajaran (94% responden); reputasi kualifikasi dari lembaga pendidikan yang mereka pilih (93%); keselamatan diri (92%); dan reputasi lembaga pendidikan (91%).

Saat ini, terdapat lebih dari 17.000 pelajar Indonesia yang menuntut ilmu di Australia dan puluhan ribu warga Indonsia yang telah menuntut ilmu di lembaga-lembaga pendidikan Australia, kembali ke Indonesia untuk memberikan sumbangsih yang signifika

Hubungan yang mereka bangun selama mereka menuntut ilmu di Australia telah memainkan, dan terus menerus memainkan, peran penting dalam memperkukuh hubungan antar warga dan ikatan abadi antara Australia dan Indonesia, tambah Dubes.

Australia tetap teguh dalam mendukung kualitas dan integritas sektor pendidikan internasional dan mempertahankan reputasi internasional sebagai penyedia pendidikan berkualitas tinggi di setiap tingkat.(api)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Lingga Sukatma Wiangga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top