Kabar Makassar: Upah pekerja kurang layak

Berikut ini adalah ringkasan berita utama di kawasan timur Indonesia yang dimuat sejumlah surat kabar daerah, a.1. CPM segera eksplorasi Poboya, Upah pekerja Makassar diusulkan lebih tinggi 10%, Pertamina tambah SPBU pertamax, Garuda gelar diskon tahun
News Editor | 29 Desember 2010 02:53 WIB

Berikut ini adalah ringkasan berita utama di kawasan timur Indonesia yang dimuat sejumlah surat kabar daerah, a.1. CPM segera eksplorasi Poboya, Upah pekerja Makassar diusulkan lebih tinggi 10%, Pertamina tambah SPBU pertamax, Garuda gelar diskon tahun baru, Pengusaha makanan masih gunakan zat berbahaya, Produksi semen Tonasa tembus 3,9 juta ton, Emas meredup jelang tutup tahun, Harga beras naik hingga Rp 1.000 per Kg.

EKSPLORASI PURBAYA: PT Citra Palu Minerals, anak perusahaan PT Bumi Resources Tbk, akan memulai proses eksplorasi tambang Poboya di wilayah Palu, Sulawesi Tengah, pada Januari 2011 dengan melakukan pengeboran di titik prospektif emas. (Sumber: Bisnis Indonesia Regional Timur)

UPAH PEKERJA MAKASSAR: Sejumlah anggota DPRD menilai usulan agar upah minimum kota Makassar pada 2011 lebih tinggi 5% dari upah minimum provinsi tidak sesuai dengan kondisi riil kebutuhan hidup layak.

Anggota Fraksi Demokrat DPRD Makassar Soewarno Sudirman mengatakan upah minimum kota (UMK) idealnya lebih tinggi sekitar 10% dari upah provinsi (UMP) yang diperkirakan sebesar Rp1,1 juta. Dia juga mempertanyakan rencana penetapan langsung sebab jika demikian maka tidak diperlukan pembentukan dewan pengupahan. (Sumber: Bisnis Indonesia Regional Timur)

SPBU PERTAMAX: Jumlah stasiun pengisian bahan bakar umum pertamax di Sulawesi Tenggara akan ditambah dari saat ini lima menjadi delapan unit pada 2011 seiring upaya pemerintah mengurangi konsumsi BBM bersubsidi.

Sales Representative PT Pertamina (Persero) Wilayah Sultra, Daniel, mengatakan tahun ini BUMN migas tersebut menambah satu SPBU pertamax dari sebelumnya hanya empat. Dia mengatakan penam bahan SPBU ini juga untuk memenuhi permintaan masyarakat yang ingin menggunakan pertamax. (Sumber: Bisnis Indonesia Regional Timur)

DISKON AKHIR TAHUN: Maskapai penerbangan Garuda Indonesia kantor cabang Makassar member diskon harga tiket tahun baru sebesar 25 persen. General Manager Garuda Indonesia Makassar Rismondari mengatakan promo tersebut berlangsung hingga Maret 2011. Memang masih kurang masyarakat yang tahu promo ini, kata Rismondari di kantornya kemarin.

Menurut dia, promo yang berlangsung mulai akhir Desember itu juga untuk menjaga agar pelanggan Garuda tidak memilih maskapai lain. Gangguan system IT Garuda yang lalu mempengaruhi penurunan jumlah pelanggan, namun tidak signifikan, kata dia. (Sumber: Koran Tempo Makassar)

ZAT BERBAHAYA: Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Makassar menemukan makanan mengandung zat kimia yang berbahaya beredar di Makassar. Makanan itu diproduksi industry rumah tangga. Terdapat delapan jenis produk yang mengandung zat kimia berbahaya. Dan itu diproduksi oleh industry rumahan, kata Maringan Silitonga, kepala BBPOM Makassar, kemarin.

Menurut Maringan, makanan itu mengandung zat jenis boraks, benzoate dan rhodamine. Zat berbahaya itu terdapat dalam sirop markisa, minuman dingin, mi basah, bakso, tahu, sambal, terasi curah dan kerupuk. Dia mengaku mengambil 400 sampel makanan dan minuman untuk menguji kandungan zat berbahaya itu. (Sumber: Koran Tempo Makassar)

PRODUKSI TINASA: PT Semen Tonasa yakin target suplai semen 3,9 juta ton tahun ini tercapai. Sepanjang November ini saja, semen yang terdistribusi mencapai 900.000 ton. Sehingga total Januari-November mencapai 3,5 juta ton.

Kepala Departemen Pemasaran PT Semen Tonasa, Abdul Rachmat Noer, mengatakan, perusahaan nyaris tidak menemui kendala berarti dalam pemasaran setahun ini. Dengan beroperasikannya tiga unit pabrik yang totalnya berkapasitas 4 juta ton per tahun, kebutuhan semen di Sulsel dipastikan bisa terpenuhi. Sampai akhir tahun, stok semen akan aman, masyarakat tak perlu khawatir, kata Abdul Rachmat, selasa 28 Desember. (Sumber: Fajar)

EMAS MEREDUP: Jelang tutup tahun 2010, harga emas meredup. Pengaruh penurunan harga di pasar global tersebut ikut menekan harga di pasar perhiasan emas di Makassr. Dipusat penjualan perhiasan emas, jalan Somba Opu Makassar, rata-rata menurunkan harga.

Penurunan harga emas hamper 1 persen, dipicu oleh turun langkah bank sentral China mengumumkan kenaikan suku bunga untuk kedua kalinya. Kebijakan ini diambil untuk mengurangi inflasi dan tekanan harga. (Sumber: Fajar)

HARGA BERAS NAIK: Tingginua harga komoditas beras di pasar tradisional menjadi hambatan rendahnya serapan Bulog terhadap produksi beras di tingkat petani. Demikian di ungkapkan Humas Perum Bulog Drivre VII, Taufik di Makassar selasa (28/12).

Menurut dia, untuk jenis beras medium (IR64) saat ini telah melampaui Harga pembelian petani (HPP) Bulog yang hanya di patok sebesar Rp 5.060 per kilogram (Kg). tercatat, beras medium ini dipasaran per Desember 2010 ini telah mencapai Rp 5.700 Rp 6.000 per Kg atau naik Rp 700 Rp 1.000 per Kg dari HPP Bulog. (Sumber: Tribun Timur)

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Lingga Sukatma Wiangga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup