Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Membangun mentalitas penemu

Mungkin Anda pernah melihat suatu jenis penutup telinga yang disebut earmuff. Biasanya, jenis penutup telinga ini banyak dipakai pada saat-saat musim salju dengan bahan yang empuk sehingga menutup telinga jadi nyaman.

Mungkin Anda pernah melihat suatu jenis penutup telinga yang disebut earmuff. Biasanya, jenis penutup telinga ini banyak dipakai pada saat-saat musim salju dengan bahan yang empuk sehingga menutup telinga jadi nyaman.

Nah, bagaimanakah earmuff pertama ditemukan? Earmuff, pertama kali ditemukan oleh seorang anak berusia 13 tahun bernama Chester Greenwood pada Desember 1873.

Saat itu, Chester yang hobi ice-skating di luar, merasa bahwa kupingnya kedinginan. Maka, untuk membuatnya bisa bertahan, ia meminta bantuan neneknya yang kemudian menggunakan kawat dengan diberi kapas penutup di kedua ujungnya untuk melindunginya telinganya.

Awalnya ia menjadi bahan tertawaaan oleh teman-temannya. Namun, saat temannya mulai melihat dia justru bisa bertahan ice-skating lebih lama di luar, mulailah teman-temannya memintanya untuk membuatkan buatnya.

Pada usia yang ke-17, Chester mematenkan penemuannya dan hingga 60 tahun kemudian, perjalanan hidup Chester Greenwood adalah membuat earmuff.

Atau, Anda mungkin masih ingat dengan berbagai iklan tentang plester untuk luka. Masih ingatkan dengan iklan tentang anak yang bersepeda, terjatuh dan terluka. Lantas, oleh orangtuanya diberikan plester penutup lukanya.

Nah, bagaimanakah penemuan plester luka ini terjadi? Ternyata, plester luka itu pertama kali diinspirasikan seorang koki wanita yang tidak berpengalaman bernama Earl Dickson.

Karena kurang terampil, ia sering kali memotong jarinya sendiri saat potong sayur. Akhirnya, oleh suaminya Dickson, yang saat itu bekerja di Johnson and Johnson, ia membuatkan semacam penempel yang diberi pembalut yang akan segera bisa dipakai saat istrinya terluka.

Ternyata, upaya menolong istrinya ini menjadi cikal bakal penemuan plester luka yang luar biasa.

Begitu pun, seorang pembuat permen cokelat bernama Clarence Crane, selalu menemukan bahwa cokelatnya selalu lumer pada saat-saat hari yang panas. Pernah suatu kali, saat mengirim cokelatnya, semua cokelatnya lumer di alat angkutan sehingga pelanggannya marah.

Hal paling buruk terjadi pada 1913, ketika para pelanggannya menghentikan pesanan permen cokelatnya sampai masalah lumernya cokelat bisa teratasi. Untuk mengatasi masalah ini, Clarence mulai memeras otak memikirkan apa yang harus diperbuat untuk menyelamatkan bisnisnya.

Akhirnya, Clarence mulai bereksperimen dengan permen yang bisa dibuat lebih keras. Masalah pun muncul, karena yang tersedia saat itu adalah mesin-mesin pembuat obat-obatan.

Dengan cerdik, Clarence membuatkan permen yang lebih keras, yang kecil tetapi plus lubang putih di tengahnya (akibat cetakan mesin obatnya). Akhirnya, inilah cikal bakal permen terkenal luar negeri, permen ini disebut sebagai life savers.

Peristiwa inspiratif

Pembaca, berbagai contoh penemuan di atas adalah kisah penemuan yang berawal dari pengalaman sehari-hari. Berbeda dengan para ahli dan penemu yang berkutat di laboratotium atau lokasi riset yang memang dikhususkan untuk mendesain penemuan, rata-rata mereka menemukannya dalam perisitiwa sehari-hari.

Mereka justru mendapatkan idenya dari pengalaman, dari peristiwa serta masalah yang mereka hadapi sehari-hari. Namun, justru itulah yang menarik, oleh karena ditemukan dari kehidupan sehari-hari, alat-alat yang mereka temukan pun seperti earmuff, plester luka maupun permen life savers di atas, menjadi barang yang praktis dan dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari serta praktis.

Termasuk di antaranya pula contoh penemuan praktis yang terkenal yakni penemuan penting yang berasal dari seorang pelukis gagal, yang kemudian menjadi seorang sekretaris.

Semuanya, dimulai dari persoalan yang sepele. Setiap kali salah mengetik, ia selalu merasa kesulitan. Akhirnya, mulailah ia menggunakan kemampuan mengecatnya untuk menutup kesalahan pengetikan di mesin tiknya.

Tidak disangka-sangka bahwa idenya ini kemudian menjadi inspirasi untuk membuat cairan pemutih yang banyak dipakai untuk mengoreksi tulisan. Dialah Bette Graham.

Pada 1980, perusahaan pembuat cairan putih untuk koreksi kesalahan itu akhirnya terjual lebih dari US$47 juta. Angka yang fantastis, untuk sebuah penemuan yang begitu kebetulan.

Melatih mata inspirasi

Masalahnya, dengan mencermati pengalaman para penemu 'kebetulan' di atas, bisakah kita pun memiliki pengalaman seperti itu. Menurut Thomas Alva Edison, yang seumur hidupnya pernah mematenkan lebih dari 1.093 jenis paten, ia mengatakan bahwa pada dasarnya hampir setiap orang punya kesempatan untuk sukses sepertinya.

Salah satu problemnya, adalah bagaimana seseorang melihat peristiwa sehari-hari dan menganalisis pengalamannya.

Kebanyakan dari kita saat melihat permasalahan dan problem yang kita hadapi, biasanya adalah mengeluh, menyalahkan ataupun mengkritik. Akibatnya, yang sering kali terjadi, masalah-masalah dari kehidupan kita, justru melemahkan dan tidak menginspirasi.

Kita pun lebih banyak menyalahkan situasi dan melihat persoalan sebagai sebuah kemalangan, bukan sebagai keberuntungan. Saat kita melihat itu sebagai ketidakberuntungan, maka diri kita pun merasa tidak berdaya dengan masalah yang kita hadapi (helpless).

Lebih parahnya lagi, diri kita pun bahkan jadinya tidak tertarik sama sekali untuk melakukan sesuatu untuk memperbaiki situasi (effortless). Akhirnya, peristiwa ataupun masalah yang kita hadapi pun menjadi sesuatu yang tidak memberdayakan, malah cenderung mencelakakan.

Pelajaran penting yang bisa kita dapatkan dari beberapa penemuan di atas adalah ketidakinginan mereka untuk menyerah dengan situasi. Andai kata nenek Chester Greenwood menasihatinya untuk mengurangi niatnya lebih lama ber-ice skating, sementara Dickson menasihati istrinya untuk berhenti jadi koki, mungkin berbagai penemuan-penemuan tersebut tidak akan pernah terjadi.

Belajar dari berbagai pengalaman tersebut, salah satu mental penting untuk memiliki mental penemu adalah melihat masalah, lantas dengan gigih berupaya memikirkan berbagai cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Ternyata, dari berbagai alternatif yang dipilih tersebut, beberapa di antaranya berubah menjadi penemuan yang berharga. Dengan demikian, pengalaman penemuan ini memberikan kepada kita pembelajaran agar jangan berpikir untuk mengganti masalah tetapi gantilah solusinya.

Beda justru berguna

Ternyata, banyak penemu yang berlatar belakang berbeda dengan apa yang ditemukannya. Sama seperti cairan putih pengoreksi kesalahan yang ditemukan oleh seorang sekretaris berlatar belakang seniman.

Begitu pun pisau lipat serbaguna yang ditemukan oleh seorang pemancing ataupun sistem telepon langsung yang justru ditemukan oleh seorang penjual peti mati! Berbagai kejadian ini memberi inspirasi bahwa semakin berbeda latar belakang seseorang maka semakin besar peluang untuk menemukan ide-ide kreatif untuk memecahkan sebuah masalah.

Masalah terbesar dengan orang-orang yang terjebak dan ruitinitas dan pekerjaannya sehari-hari dengan 'nrimo' dengan apa yang menjadi problem kesehariannya adalah ketumpulan mereka dalam berpikir.

Saat ditanya bagaimana mereka akan memecahkan problemnya, mereka biasanya akan memberikan respons,"Memang udah begini masalahnya. Inilah yang harus kamu terima!".

Akibatnya mereka pun tidak melihat adanya masalah yang harus dipecahkan. Bayangkanlah kejadiannya mirip seperti kejadian Bette Graham yang mungkin telah dinasihati berkali-kali, "Sebagai sekretaris kamu harus mengetik hati-hati, karena kalau salah maka kamu mesti mengulanginya lagi dari awal".

Bayangkanlah kalau Graham Bette kemudian menerima kondisi ini sebagai kenyataan yang harus diterima setiap sekretaris, maka dunia tidak akan pernah diuntungkan oleh penemuannya.

Namun, justru karena latar belakangnya sebagai pelukis, memberikannya keuntungan. Akhirnya, kebiasaan mencampur cat pun dipakainya sebagai sebuah ide untuk mengoreksi tulisan yang salah.

Dengan demikian, semoga tulisan kali ini menginspirasi kita untuk belajar melihat peluang 'penemuan' baru dari kejadian yang kita alami sehari hari.

Pertama, jangan lagi melihat masalah sebagai sesuatu yang celaka. Kedua, perbesar mata Anda untuk melihat alternatif dan ketiga, jutsru gunakan ilmu dan pengetahuan yang lain dalam melihat permasalahan yang Anda alami sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper