Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIP siap beli 7% saham Newmont

JAKARTA: Pusat Investasi Pemerintah (PIP) siap mengeksekusi arahan Menteri Keuangan untuk menguasai 7% saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) dalam program divestasi 2010 perusahaan tambang tembaga dan emas tersebut.Kepala PIP Soritaon Siregar mengatakan

JAKARTA: Pusat Investasi Pemerintah (PIP) siap mengeksekusi arahan Menteri Keuangan untuk menguasai 7% saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) dalam program divestasi 2010 perusahaan tambang tembaga dan emas tersebut.Kepala PIP Soritaon Siregar mengatakan PIP diminta mempersiapkan diri membeli sisa saham divestasi tersebut meski arahan Menkeu dua minggu yang lalu itu masih sebatas lisan. "Perintah yang disampaikan (Menkeu) itu masih lisan, belum tertulis," katanya dalam konferensi persnya hari ini. Soritaon mengatakan sumber dana pembelian saham tersebut akan berasal dari keseluruhan kas PIP. Selanjutnya, PIP bakal menggelar uji tuntas sekaligus melakukan negosiasi ulang nilai pembelian saham itu. Adapun berdasarkan data dari Ditjen Kekayaan Negara, 7% saham divestasi Newmont tersebut adalah senilai US$ 271,6 juta. Sebelumnya, Menkeu Agus Martowardojo mengatakan pemerintah pusat akan mempertimbangkan untuk mengambil jatah saham NNT sebesar 7% dalam program divestasi 2010. Pemerintah pusat yang dimaksudnya dalam hal ini melibatkan Kementerian Keuangan dan bisa pula Pusat Investasi Pemerintah (PIP). "Dalam kesempatan ini karena penawaran (NNT) itu datang sebagai komitmen untuk mengalihkan (sahamnya) pada Indonesia, dalam hal ini pemerintah atau lembaga Indonesia, kami sampaikan bahwa pemerintah menyampaikan akan mempertimbangkan untuk investasi 7% di Newmont," kata Agus. (bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper