Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PKB gerah tanggapi poros tengah

JAKARTA: Partai Kebangkitan Bangsa menyatakan gerah dengan tingkah sejumlah parpol yang menyebut dirinya poros tengah karena merasa tidak puas dengan kinerja Setgab. PKB selalu dihubung-hubungkan dengan kelompok itu."PKB dan PAN belum pernah dihubungi

JAKARTA: Partai Kebangkitan Bangsa menyatakan gerah dengan tingkah sejumlah parpol yang menyebut dirinya poros tengah karena merasa tidak puas dengan kinerja Setgab. PKB selalu dihubung-hubungkan dengan kelompok itu."PKB dan PAN belum pernah dihubungi poros tengah, tapi kita sering diklaim," ujar Ketua Fraksi PKB Marwan Jafar dalam acara 'Refleksi Akhir Tahun 2010' di Gedung MPR hari ini. Dia pun menilai wacana tersebut hanya kegentingan luar biasa dari partai yang sedang mengalami pubertas untuk mencari sensasioanal. "Ini masa pubertas, dan mencari sensasional padahal hanya main-main saja," katanya.Anggota Komisi V ini pula mengakui selama ini tidak pernah ada pembicaraan tertutup di Setgab, semua hal diungkap secara gamblang dan transparan. Namun sayangnya, ketika diimplementasikan di parlemen, proses panjang yang telah disepakati tersebut kembali mentah. Hal tersebut menunjukkan ketidaksolidan internal politik yang tidak tuntas.Menurut dia, wacana poros tengah yang menjadikan kepentingan internal dengan menarik kepentingan setgab merupakan tindakan yang tidak fair. "Kalau mau oposisi ya silakan, tapi kalau mau koalisi ikut kesepakatan bersama."Bahkan, ujarnya, yang tidak masuk setgab atau partai oposisi dapat lebih fair, tidak perlu ada pubertas dan kegenitan untuk mencari suatu bergaining. "Daripada melakukan kamuflase seperti tersebut."Sementara itu, PDIP juga tidak ingin partainya menjadi bergaining bagi partai tertentu yang memiliki keinginan pragmatis. "Kami fair terbuka asal punya kebijakan yang sama. Jangan kaki kiri di luar, kanan di dalam. Kalau hanya dijadikan bergaining yang kami tidak mau dong," tegas Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo di Megawati Institue kemarin.Sebelumnya PKS dan PPP mengusulkan agar dibentuk Poros Tengah dengan alasan bisa meningkatkan kinerja pemerintah, bahkan ada wacana mengajak serta PDIP untuk menggalang kekuatan dan berkoalisi. Selain itu, wacana untuk membentuk poros tengah disebabkan PKS dan PPP merasa terpinggirkan karena Partai Demokrat dan Golkar dinilai terlalu mendominasi di Setgab. (tw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper