Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA: Pembahasan Rancangan Undang-undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (RUU BPJS) antara pemerintah dan DPR akan digelar kembali pada pertengahan Januari tahun depan.

Anggota Pansus RUU BPJS Rieke Diah Pitaloka mengatakan forum lobi tahap kedua di luar panitia khusus (Pansus) yang digelar pada Rabu 15 Desember pekan lalu sedikit memberikan ruang pemahaman yang sama antara pemerintah dan parlemen. Namun, katanya, beberapa hal substansial masih menjadi perdebatan.

Forum lobi selanjutnya, katanya, akan digelar pada 11, 12, 13 Januari bersamaan dengan rapat dengar pendapat umum bersama dengan sejumlah pakar hukum, ekonomi, dan para pemangku kepentingan terkait dengan Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Akan dibahas lagi [RUU BPJS] pada 11, 12, dan 13 Januari 2011 setelah reses bersama dengan sejumlah pihak terkait dan menghadirkan ekonom, kata anggota Fraksi PDI-Perjuangan ini kepada Bisnis di Jakarta, Sabtu.

Forum lobi kedua antara pemerintah dan DPR sedikit menemui titik terang dengan disepakatinya sifat nirlaba dari badan penyelenggara.

Namun pemerintah belum memastikan bentuk hukum badan penyelenggara apakah badan usaha milik negara atau wali amanat mengingat aka nada forum lobi selanjutnya untuk membahas beberapa hal substansi lainnya.

UU BPJS merupakan amanat dari UU No.40/2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hery Trianto
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper