China naikkan bunga 25 basis poin

BEIJING: China menaikkan suku bunga untuk kedua kali dalam dua bulan terakhir setelah indeks harga konsumen naik ke level tertinggi dalam 28 bulan.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 25 Desember 2010  |  13:59 WIB

BEIJING: China menaikkan suku bunga untuk kedua kali dalam dua bulan terakhir setelah indeks harga konsumen naik ke level tertinggi dalam 28 bulan.

Bunga pinjaman satu tahun akan naik 25 basis poin menjadi 5,81%, sedangkan bunga deposito satu tahun juga akan meningkat 25 basis poin jadi 2,75% yang mulai efektif besok, ungkap Peoples Bank of China hari ini.

Kenaikan suku bunga itu lebih tinggi dari prediksi surplus perdagangan. Kenaikan ini mungkin bukan langkah terakhir kebijakan moneter yang diambil PM Wen Jiabao. Dia ingin fokus untuk menekan kenaikan di sector property dan inflasi yang menjadikan lebih sulit buat keluarga untuk membeli rumah dan makanan.

Langkah ini menunjukkan bagaimana pemerintah akan mengontrol inflasi. Suku bunga untuk kredit jangka menengah dan panjang akan dievaluasi pada awal setiap tahun, ujar Wang Qing, ekonom pada Morgan Stanley yang berbasis di Hong Kong.

Wang memperkirakan akan terjadi lagi tiga kenaikan bunga masing-masing 25 basis poin pada semester pertama tahun depan. Ken Peng, ekonom pada Citigroup Inc di Hong Kong, memperkirakan total kenaikan 100 basis poin pada 2011.

Kenaikan bunga hari ini merupakan yang pertama sejak para pemimpin China mengumumkan pada 3 Desember untuk beralih ke kebijakan moneter yang lebih hati-hati dari kebijakan moderat untuk mendukung ekonomi di tengah krisis financial global. (tw)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Nadya Kurnia

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top