Pelayanan publik di KTI rawan korupsi

MAKASSAR: Berikut ini adalah ringkasan berita utama di kawasan timur Indonesia yang dimuat sejumlah surat kabar daerah, a.l. load factor tiga kota di KTI mencapai 100%, dan layanan publik di kawasan timur Indonesia rawan korupsi.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 24 Desember 2010  |  03:38 WIB

MAKASSAR: Berikut ini adalah ringkasan berita utama di kawasan timur Indonesia yang dimuat sejumlah surat kabar daerah, a.l. load factor tiga kota di KTI mencapai 100%, dan layanan publik di kawasan timur Indonesia rawan korupsi.

LOAD FACTOR 100%: Tingkat isian penumpang untuk penerbangan ke sejumlah kota di kawasan timur selama periode Natal 25 Desember hingga Tahun Baru 1 Januari 2011 telah mencapai 90% - 100%, kendati hampir semua maskapai memberlakukan tarif peak season. (Bisnis Indonesia Regional Timur)RAWAN KORUPSI: Pelayanan publik di sejumlah kota di kawasan timur Indonesia di tiga sektor, yakni pengurusan izin mendirikan bangunan, kartu tanda penduduk, serta surat izin usaha, dinilai masih rawan korupsi.Berdasarkan survei Komisi Pemberantasan Korupsi, Makassar berada di posisi terendah di KTI dengan poin integritas 4,46 atau peringkat 19 dari 22 kota. Satu-satunya kota yang masuk level baik adalah Samarinda di urutan kedua setelah Surabaya dengan poin 6,11. (Bisnis Indonesia Regional Timur)SURVEI KHL MAKASSAR: Sejumlah asosiasi pengusaha meminta pemerintah menggelar survei khusus untuk mengetahui nilai kebutuhan hidup layak (KHL) di Makassar sebelum menetapkan upah minimum kota (UMK) pada 2011.Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulawesi Selatan Latunreng mengatakan pemerintah ataupun dewan pengupahan yang akan dibentuk dalam waktu dekat, sebaiknya tidak langsung menentukan UMK berdasarkan upah minimum provinsi (UMP) yang direncanakan sebesar Rp1,1 juta. (Bisnis Indonesia Regional Timur)PENJUALAN ELEKTRONIK NAIK: Menjelang akhir tahun, penjualan berang elektronik di Makassar meningkat. Dian Lesmana, Asisten Manajer Electronic Solution cabang Makassar, mengatakan penjualan per bulan mencapai Rp5 miliar."Bulan ini diperkirakan meningkat 30%," kata Dian kemarin.Dia mengatakan televisi LCD menjadi primadona pelanggan. "Dalam sehari rata-rata penjualan LCD semua merek sebanyak 40 unit," kata Dian. (Koran Tempo Makassar).BANGUN 17.000 RUMAH: DPD Real Estate Indonesia (REI) Sulsel siap membangun 17.000 unit rumah pada 2011.Ketua DPD REI Sulsel Jamaluddin Jafar mengungkapkan hal itu di Makassar, kemarin.Menurut dia, pihaknya siap menaikkan target pembangunan rumah pada 2011 nanti sebesar 20% dari tahun ini. Pada 2010 pihak DPD REI menargetkan bisa membangun 15.000 unit, sehingga tahun depan akan ditambah menjadi sekitar 17.000 unit. (Tribun Timur)LABA CNB NAIK: Centratama Nasional Bank (CNB) Makassar mencetak pertumbuhan yang menggembirakan dari sisi laba, yang per November 2010 telah mencapai Rp12.962 miliar atau meningkat 42,7% dibandingkan dengan 2009 yang senilai Rp9.083 miliar. (Fajar)(er)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top