9.989 Personil keamanan siap amankan Natal dan Tahun Baru

JAKARTA: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menurunkan 9.989 personil keamanan gabungan yang akan turun ke lapangan mengamankan jalannya perayaan Natal dan Tahun Baru 2011.
Yanto Rachmat Iskandar | 23 Desember 2010 09:49 WIB

JAKARTA: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menurunkan 9.989 personil keamanan gabungan yang akan turun ke lapangan mengamankan jalannya perayaan Natal dan Tahun Baru 2011.

Personil gabungan ini terdiri dari aparat kepolisian Polda Metro Jaya sebanyak 7.239 personil dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi DKI Jakarta yang akan menerjunkan 2.750 personil. "Personil keamanan gabungan ini akan bertugas mulai 24 Desember hingga 2 Januari 2010 untuk pengamanan 1.619 tempat-tempat ibadah dan 878 tempat hiburan," ujar Guberbur DKI Jakarta Fauzi Bowo usai Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan Kendali Pusat Lilin Jaya 2010 di Jakarta, hari ini.

Menurut dia, pihaknya bersama Muspida DKI Jakarta siap menjamin keamanan umat Kristiani yang akan merayakan Natal di gerejanya masing-masing, terlebih saat ini kondisi keamanan Jakarta menurutnya sangat stabil dan kondusif. Meski demikian kondisi tersebut tidak mengurangi tingkat kewaspadaan Pemprov DKI Jakarta dan jajaran Muspida untuk tetap menjaga keamanan.

Bahkan saat ini Pemprov DKI Jakarta juga telah mengeluarkan instruksi mulai dari Walikota, Camat, Lurah hingga RT dan RW untuk melakukan pengamanan lingkungan masing-masing. "Sebanyak 1.619 gereja akan dikawal petugas gabungan dengan meminta bantuan lingkungan untuk mengamankan gereja-gereja di Jakarta. saat ini sudah dilakukan pendekatan kelompok, forum, organisasi masyarakat, bahkan forum masyarakat Islam untuk turut membantu mengamankan," ujarnya.

Pada malam perayaan Natal, Muspida DKI juga akan mengadakan kunjungan ke gereja-gereja yang menggelar perayaan sekaligus memberikan ucapan selamat merayakan Natal. Pada malam itu juga Polda Metro Jaya juga akan melakukan pengaturan lalu intas pada malan Natal dan Tahun Baru 2010 agar ruas jalan di mana gereja berada tidak menimbulkan kemacetan lalu lintas.

Sementara itu Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) Sutarman menegaskan Kota Jakarta tetap dalam kondisi yang kondusif meski kewaspadaan tetap dilakukan dengan cara menyiapkan kekuatan personil dan perlengkapan dilapangan, khususnya di tempat hiburan dan gereja. Pada malam perayaan Natal Polda Metro Jaya juga akan mendirikan pos-pos pengamanan yang tersebar di seluruh Polda Metro Jaya dan jajarannya, termasuk pos polisi di tiap Polres, Polsek, Kodim. dan Koramil.

Ini dilakukan agar bila ada masyarakat mendapatkan gangguan keamanan, pihaknya dapat dengan cepat bergerak ke tempat kejadian perkara. (mrp)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top