Tunas Baru Lampung alokasikan capex Rp559 miliar

JAKARTA: Produsen minyak goreng Rose Brand, PT Tunas Baru Lampung Tbk (TBLA), mengalokasikan dana belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp559 miliar untuk pengembangan usaha.
Teguh Purwanto
Teguh Purwanto - Bisnis.com 22 Desember 2010  |  05:50 WIB

JAKARTA: Produsen minyak goreng Rose Brand, PT Tunas Baru Lampung Tbk (TBLA), mengalokasikan dana belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp559 miliar untuk pengembangan usaha.

Deputy President Director Tunas Baru Lampung Sudarmo Tasmin mengatakan dana tersebut akan diperoleh dari kas internal dan pinjaman perbankan. Adapun komposisi pendanaan masih dalam kajian.

Capex kami selalu dari internal dan pinjaman perbankan. Bisa 35%:65% atau 50%:50%, kami akan lihat kondisi kas internal nanti, ujarnya hari ini.

Sudarmo menjelaskan sebanyak Rp259 miliar dari total dana yang ada akan digunakan untuk ekspansi perkebunan kelapa sawit sebesar 6.000 Ha di wilayah Palembang dan sekitar 3.000-4.000 Ha di wilayah Pontianak.

Selain itu, sebesar Rp200 miliar akan digunakan untuk kegiatan rutin perseroan seperti pembuatan jalan, penambahan armada, pemeliharaan dan peremajaan alat berat, dan sebagainya.

Adapun sisa capex sekitar Rp100 miliar juga akan digunakan untuk pembangunan dan pengoperasian dermaga dan tangki timbun di Pelabuhan Panjang. Pembangunan dermaga ini diharapkan selesai pada akhir tahun depan dan dapat beroperasi pada 2012. Dermaga tersebut merupakan kerjasama dengan PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo) dalam jangka waktu 25 tahun.

Sudarmo mengatakan kerjasama dengan BUMN pelabuhan itu dalam hal revenue sharing. Sehingga seluruh investasi dikeluarkan oleh perseroan. Pada dermaga itu, perseroan tidak hanya menampung cargo Tunas Baru Lampung tetapi juga cargo lainnya.

Kerjasama dengan Pelindo itu hanya dalam revenue sharing. Kami mayoritas, karena kami bangun infrastrukturnya jadi investasi seluruhnya kami yang tanggung, tetapi lahannya milik Pelindo, tutupnya. (05)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top