Chevrolet perbesar pasar dengan Orlando dan Colorado

manda | 21 Desember 2010 04:08 WIB

JAKARTA : PT GM Autoworld Indonesia, selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) Chevrolet di Tanah Air berencana meluncurkan mobil sport utility vehicle (SUV) kabin ganda Chevrolet Colorado dan multi purpose vehicle (SUV) Chevrolet Orlando di pasar domestik, guna memperbesar volume penjualan pada 2011.

Baik Chevrolet Colorado dan Chevrolet Orlando diperkirakan baru dipasarkan di Indonesia pada semester II tahun depan. Model Colorado yang diklaim cocok untuk medan berat seperti pertambangan dan perkebunan bakal diimpor dari pabrik di Thailand. Adapun Chevrolet Orlando yang memiliki kapasitas 7 penumpang akan dimasukkan dari pabrik GM di Korea Selatan.

Kami yakin MPV Chevrolet Orlando sebagai model baru dengan kapasitas 7 penumpang akan digemari masyarakat Indonesia. Kedua produk baru kami ini baik Colorado dan Orlando kemungkinan baru diluncurkan pada semester II tahun depan, kata Direktur Pelaksana PT GMAI Mukiat Sutikno kepada Bisnis, hari ini.

Kedua model anyar ini diharapkan memperkuat penetrasi merek Chevrolet di Indonesia yang saat ini masih mengandalkan model SUV Captiva sebagai pencetak volume penjualan. Adapun model lain yang dipasarkan GMAI di pasar domestik yakni Chevrolet Cruze (Mid Sedan), Chevrolet Spark (City Car), Chevrolet Aveo (Mini Hatchback), Chevrolet Lova (Small Sedan) dan Chevrolet Kalos (Small Sedan).

Sampai akhir tahun ini, GMAI optimistis mampu mencetak angka penjualan sebanyak 4.500 unit, seiring permintaan pasar otomotif yang naik signifikan. GMAI berharap dapat mengantongi angka pertumbuhan penjualan sekitar 15%-20% pada tahun depan.

Di sisi lain, GMAI menyatakan bahwa pemberitaan yang beredar tentang rencana pemindahan kantor pemasaran regional GM Asia Pasifik dari Thailand ke Indonesia adalah kurang akurat.

Mukiat Sutikno menegaskan GM tidak pernah berencana memindahkan basis produksinya di wilayah Asia Tenggara yang berada di Thailand ke Indonesia. Namun GM tengah melakukan studi untuk memperluas basis produksinya di wilayah Asia Tenggara.

Indonesia merupakan salah satu negara yang tengah menjadi perhatian GM untuk dijadikan basis produksi baru di Asia Tenggara. Mengingat Indonesia adalah salah satu dari 11 negara yang dikategorikan GM sebagai negara dengan perkembangan pasar otomotif yang pesat, tegas Mukiat.

Dijelaskan bahwa kantor operasional pusat GM untuk wilayah Asia Pasifik berada di Shanghai, bukan di Thailand. GMAI juga menyatakan, pasca terbentuknya GM Baru (The New GM) pada Juli 2009, kantor operasi di wilayah Asia Pasifik yang dikenal dengan GMAP dan hanya membawahi negara-negara di kawasan Asia Pasifik telah berubah menjadi GMIO atau GM Internasional Operations yang bukan hanya membawahi negara di wilayah Asia Pasifik. Melainkan juga membawahi negara di wilayah Amerika Latin dan Timur Tengah. GMIO sendiri dipimpin oleh Tim Lee, selaku Presiden GMIO.

Sementara untuk wilayah Asia Tenggara, pusat kendali GM berada di Thailand dipimpin oleh Presiden GM Asia Tenggara (GM South East Asia), Martin Apfel. Indonesia dalam hal ini GM Autoworld Indonesia, begitu juga dengan Singapura, Malaysia, dan lain-lain masuk di bawah kendali dan pengawasan GM Asia Tenggara.

Di Indonesia, GM hanya memasarkan produk dengan merek Chevrolet. Chevrolet di Indonesia memiliki 40 jaringan diler 3S (Sales Service dan Spare Parts) di tambah 430 Parts Shop di seluruh Indonesia. (mrp)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top