Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setgab dinginkan suhu politik

JAKARTA: Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengatakan keberadaan Sekretariat Gabungan (Setgab) akan mampu mendinginkan suhu politik yang diperkirakan bakal memanas tahun depan."Kalau suhu politik meningkat tajam, tidak normal maka Setgab akan

JAKARTA: Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengatakan keberadaan Sekretariat Gabungan (Setgab) akan mampu mendinginkan suhu politik yang diperkirakan bakal memanas tahun depan."Kalau suhu politik meningkat tajam, tidak normal maka Setgab akan bisa mendinginkannya," ujar Anas hari ini. Dia yakin koalisi parpol pendukung pemerintah tidak terganggu dan tidak akan pecah meskipun suhu politik meningkat, terutama pada 2013. Saat itu, partai-partai berjuang melakukan kampanye dan berusaha untuk menang.Menurut dia, suhu politik kadang-kadang sulit ditebak. Namun Setgab berkomitmen untuk meredan gejolak politik. Dia percaya pada tahun depan suhu politik nasional masih dalam tahap normal."Akan terasa tahun 2013 karena menjelang pemilu. 2013 masing-masing partai akan mempertimbangkan posisi dan sikap masing-masing," kata Anas.Sementara itu, terkait sikap Setgab terhadap beberapa hal krusial, Anas mengatakan anggota Setgab tidak harus sama dalam semua hal. "Untuk hal-hal yang kurang strategis, dimungkinkan adanya sikap yang berbeda dari anggota Setgab. Kalau menyinggung hal-hal strategis, Setgab semuanya satu suara," kata Anas.Terkait kelanjutan Setgab, lebih jauh dia menyebutkan bahwa koalisi itu dimungkinkan untuk diperpanjang setelah 2014."Umur Setgab minimal sampai 2014 guna memperkokoh koalisi 2009-2014. Tapi dimungkinkan untuk diperpanjang kembali setelah 2014 kalau partai peserta koalisi bersepakat," kata Anas. (tw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper