Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TPG Capital & GIC akhirnya kuasai Delta Dunia

JAKARTA: Konsorsium Texas Pacific Group (TPG) Capital dan Government of Singapore Investment Corporation (GIC) akhirnya menuntaskan akuisisi seluruh kepemilikan saham tanpa hak voting di Northstar Tambang Persada Ltd (NTP), perusahaan pengendali 40%

JAKARTA: Konsorsium Texas Pacific Group (TPG) Capital dan Government of Singapore Investment Corporation (GIC) akhirnya menuntaskan akuisisi seluruh kepemilikan saham tanpa hak voting di Northstar Tambang Persada Ltd (NTP), perusahaan pengendali 40% saham PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID), dari beberapa pemegang saham.

Dalam penjelasan resminya kepada manajemen Delta Dunia tertanggal 17 Desember 2010 yang diperoleh Bisnis malam ini disebutkan Direktur NTP Glenn Sugita menyatakan Northstar Equity Partners tidak termasuk pihak yang menjual saham dan tetap memiliki hak voting dan menjadi pengendali di NTP.

TPG Capital adalah grup perusahaan investasi global TPG yang didirikan pada 1992. TPG mengelola dana kelolaan US$48 miliar. GIC adalah perusahaan manajemen investasi pemerintah Singapura yang didirikan pada 1981 mengelola dana cadangan valas.

Manajer investasi Aldo Perkasa dari PT Danareksa Investment Management, mengatakan penyelesaian akuisisi seluruh saham NTP oleh konsorsium TPG bisa berdampak positif terhadap Delta Dunia, perusahaan induk PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), kontraktor tambang batu bara terbesar di Indonesia.

"Dengan dukungan TPG, Delta Dunia akan mempunyai akses pembiayaan yang lebih besar, risiko yang lebih rendah, dan persepsi terhadap tata kelola perusahaan yang baik," tuturnya.

Beberapa sumber yang mengetahui informasi itu mengatakan TPG dan GIC membeli saham NTP Ltd dari grup Bakrie dan Sinarmas.

NTP Pte Ltd pada 3 Desember 2010 mentransfer saham Delta Dunia ke perusahaan yang berbasis di British Virgin Island, Northstar Tambang Persada Lte pada harga Rp1.100 per saham atau setara dengan Rp2,99 triliun. (wiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper