Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Audi targetkan penjualan 400 unit pada 2011

JAKARTA : PT Garuda Mataram Motor (GMM), agen tunggal pemegang merek Audi di Indonesia, berambisi menggandakan penjualan menjadi 400 unit pada 2011, melalui pengenalan produk anyar dan peningkatan layanan purna jual kepada pelanggan.

JAKARTA : PT Garuda Mataram Motor (GMM), agen tunggal pemegang merek Audi di Indonesia, berambisi menggandakan penjualan menjadi 400 unit pada 2011, melalui pengenalan produk anyar dan peningkatan layanan purna jual kepada pelanggan.

Sampai akhir tahun ini, GMM optimistis mengantongi angka penjualan sebanyak 200 unit, naik dibandingkan dengan tahun lalu sekitar 120 unit. Menjelang akhir tahun ini, GMM meluncurkan sport utility vehicle (SUV) premium Audi Q7 dengan mesin baru yakni 3.0 TFSI.

Imelda Muhidin, General Manager GMM mengatakan seiring pasar mobil nasional yang diproyeksikan mencapai 800.000 unit pada tahun depan, perusahaan berharap dapat memasarkan sebanyak 400 unit produk-produk Audi. Secara nasional, kata Imelda, penjualan mobil premium, masih berkontribusi sekitar 1% terhadap total pasar domestik.

Tahun ini sudah tembus 200 unit, kami harapkan bisa dua kali lipat dari tahun ini. Model yang akan menjadi volume maker yakni A4, diharapkan berkontribusi 50% dari total target, selebihnya dibagi ke model-model lainnya seperti Q5 yang pasarnya masih baik dan inden sampai saat ini, selain Q7 yang kami luncurkan hari ini, katanya di sela-sela peluncuran Audi Q7 GP 3.0 TFSI, hari ini.

Imelda mengatakan target penjualan 400 unit tersebut merupakan angka realistis dan perusahaan optimistis pasokan unit dari pabrik di Eropa akan meningkat pada tahun depan. Untuk mendorong penjualan lebih tinggi, GMM berniat meluncurkan produk terbaru dari model Q8 3.0 L pada kuartal I/ 2011.

Pilihan mesin 3.000 cc untuk Audi Q8, masih yang paling kompetitif dari segi pajak dan cocok untuk pasar Indonesia. Untuk produk baru lainnya sampai saat ini belum ada. Alokasi Q8 untuk pasar Indonesia diharapkan terjual 30-40 unit, jelasnya.

Sementara itu, CEO GMM Andrew Nasuri menambahkan pasar otomotif nasional pada tahun ini memang bertumbuh cukup bagus, sehingga kenaikan pasar ini pun dinikmati oleh merek Audi. Permintaan terhadap produk Audi, kata Andrew, sebenarnya cukup tinggi, tetapi dari sisi suplai belum dapat mengimbangi.

Tahun-tahun sebelumnya kami pasang angka 120 unit per tahun, dan tahun ini kami mencapai 200 unit. Ini berkat kerja keras tim dan kondisi pasar yang bagus. Memang target penjualan tinggi tetapi alokasi kurang mengimbangi karena dari sisi produksi tidak mencukupi, katanya.

Dia menjelaskan pasar Audi di tingkat global pada tahun ini meningkat pesat dan mencapai rekor baru di atas 1 juta unit. Akibat produksi yang belum mampu mengimbangi permintaan, prinsipal masih mengutamakan pasokan untuk dalam negeri dan wilayah-wilayah lainnya.

Selain memperkuat produk, tambah Imelda, GMM juga berupaya meningkatkan kualitas layanan purna jual seperti mengirimkan kendaraan kepada konsumen dengan lebih baik, mempersingkat waktu tunggu service dan memperpendek waktu tunggu spare part non fast moving.

Terkait produk anyar Audi Q7, kendati baru diluncurkan pada hari ini, tetapi sebanyak 9 unit telah ludes terjual. Kendaraan SUV berkapasitas 7 penumpang dengan 8 percepatan ini dibanderol dengan harga Rp1,39 miliar off the road DKI Jakarta.

Untuk target penjualan sebenarnya kami ingin menjual sebanyak-banyaknya model Q7 ini, tetapi suplai dari pabrik terbatas, jelasnya.

GMM mengklaim Audi Q7 memiliki efisiensi konsumsi bahan bakar yang tinggi mencapai 14,7 liter (urban) dan 8,3 liter untuk 100 km (extra urban), sehingga rata-rata 10,7 liter untuk 100 km.

Efisiensi pemakaian bahan bakar ini ditopang oleh mesin TFSI Audi Q7 yang menggabungkan 2 teknologi forged induction dan direct fuel injection. Selain itu, mesin TFSI yang terbaru hemat bahan bakar karena menerapkan sebuah sistem pergeseran kapasitas silinder (displacement) serta dukungan peranti supercharging yang efektif.

Audi Q7 mengusung mesin baru 2.995 cc Q7 yang memiliki transmisi triptonik 8 percepatan untuk meningkatan tenaga, dan efisiensi. Mesin ini menghasilkan daya maksimum 272bhppada 4.750-6.500 rpm dan torsi maksium 400 Nm pada 2.250 sampai 4.750 rpm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : manda
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper