Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA: PT Jasa Marga Tbk telah menyiapkan capital expenditure (capex) Rp7 triliun untuk membangun tujuh ruas tol di seluruh Indonesia.

Direktur Utama Jasa Marga Frans S. Sunito menyatakan pihaknya akan memulai konstruksi tujuh ruas tol sepanjang 200 km pada tahun depan.

Tahun ini sebagian konstruksi telah dilakukan tapi sebagian lagi belum karena masih pembebasan lahan. Tapi yang pasti konstruksi untuk tujuh tol dimulai tahun depan, kata Frans di Jakarta hari ini.

Ruas tol tersebut adalah Bogor Ring Road, Semarang-Solo, Surabaya-Gempol, Ulujami-Kebon Jeruk, Surabaya-Mojokerto serta dua ruas tol yang merupakan bagian Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2. Untuk pendanaan konstruksi, tuturnya, sebagian besar diambil dari Capex yang disiapkan mencapai Rp 7 triliun.

Capex Jasa Marga sebesar Rp 3 triliun sedangkan sisanya dari anak perusahaan. Sehingga totalnya Rp 7 triliun, kata Frans. Sumber dana Capex, tuturnya, 30% berasal dari kekayaan Jasa Marga. Sedangkan sisanya berasal dari pinjaman.

Frans menambahkan penjualan Jasa Marga mencapai Rp 4,2 triliun atau naik 15 persen dari periode yang sama di tahun lalu. Menurut dia kenaikan pendapatan didasari atas kenaikan tarif tol dan volume pengguna tol.

Untuk memberikan pelayanan kepada pengguna tol, menurut Frans seluruh ruas tol yang dioperasikan oleh Jasa Marga akan menerapkan e-Toll Card atau kartu prabayar khusus pembayaran tol yang diterbitkan oleh PT Bank Mandiri TBK.

Selain mengembangkan e-Toll Card, peningkatan pelayanan juga dilakukan dengan memasang 153 unit kamera Closed Circuit Television (CCTV). Dari kamera CCTV itu masyarakat bisa memantau kepadatan lalu lintas jalan tol. Hingga saat ini Jasa Marga sudah mengoperasikan 11 ruas tol dengan panjang 531 Km atau 72% dari seluruh tol yang ada di Indonesia.(api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper