Kebakaran pasar Butung Mencurigakan

Yanto Rachmat Iskandar
Yanto Rachmat Iskandar - Bisnis.com 16 Desember 2010  |  01:41 WIB

MAKASSAR: Berikut ini adalah ringkasan berita utama di kawasan timur Indonesia yang dimuat sejumlah surat kabar daerah, a.1. investasi 2010 lampaui target, GMTD diminta naikkan dividen, Kredit bank Sulteng tumbuh 17%, Kaus timnas Indonesia diburu di Makassar, dan Karyawan Telkomsel Sulawesi Selatan Demo ke Jakarta:

GMTD diminta naikkan dividen: PT Gowa Makassar Tourism Development Tbk diminta menaikkan kontribusi dividen dan setoran lain ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan pada 2011 seiring membaiknya prospek perekonomian.Perusahaan terbuka yang sebagian sahamnya dimiliki Pemprov Sulsel itu diharapkan menyetor dividen Rp501,4 juta dan sumbangan pihak ketiga Rp100 juta tahun depan, atau total Rp601,4 juta. Jumlah tersebut meningkat sekitar 20% dibanding tahun lalu. (Sumber: Bisnis Indonesia Regional Timur)

Nilai investasi: Rencana penanaman modal asing (PMA) dan modal dalam negeri (PMDN) di Sulawesi Selatan pada September 2010 telah melebihi target tahun ini. Nilai PMA mencapai US$439,7 juta dan PMDN Rp1,05 triliun.Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Sulsel Irman Yasin Limpo mengatakan target investasi PMA 2010 sebesar US$46 juta dan PMDN Rp1,19 triliun. (Sumber: Bisnis Indonesia Regional Timur)

Kredit bank Sulteng tumbuh 17%: Kredit perbankan di Sulawesi Tengah tumbuh 17,31% hingga Oktober 2010 menjadi Rp8,73 triliun dibanding akhir tahun lalu, di mana secara keseluruhan kredit produktif masih menguasai dengan 52%. Pemimpin Kantor Bank Indonesia Palu Rahmat Hernowo mengatakan porsi kredit produktif sudah lebih tinggi dari akhir tahun lalu, yakni hanya 49%. (Sumber: Bisnis Indonesia Regional Timur)

Kaus timnas: Penjualan baju tim nasional sepak bola Indonesia dengan lambing Garuda di Makassar meningkat. Meski tidak bisa hadir menonton langsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, penggila bola di Makassar tetap memburu kaus kesebelasan Indonesia. (Sumber: Kroan Tempo Makassar)

Karyawan Telkomsel demo: Sebanyak 40 anggota Serikat Karyawan (Sekar) PT Telkom Wilayah Sulawesi Selatan kemarin berangkat ke Jakarta untuk berunjuk rasa menentang rencana merger Flexi dengan Esia. Mereka akan bergabung dengan ribuan karyawan Telkom dari seluruh Indonesia, yang akan demonstrasi di Istana Presiden hari ini dan di depan Hotel Ritz-Carlton tempat berlangsungnya rapat umum pemegang saham pemilihan direksi baru Telkom. (Sumber: Koran Tempo Makassar)

BRI Sebar jaringan: Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang selama ini dikenal lebih dekat dengan orang kecil di pelosok desa, mulai menyasar masuk kota. Melalui program "BRI Kepung Kota" bank pelat merah it uterus melebarkan jaringan pelayanan dengan memperbanyak kantor kas di Makassar. Hizalman Sabri, pemimpin cabang BRI Makassar Ahmad Yani kepda FAJAR mengatakan, pihaknya terus memperluas jaringan pelayanan kepada masyarakat di Makassar karena yakin masih banyak ceruk pasar perbankan yang belum tergarap maksimal. Karena itu, BRI terus gencar memasuki kota, termasuk pemasangan ATM yang kian marak akhir-akhir ini. (Sumber: Fajar)

Perbaikan regulasi jadi magnet Investasi: Perbaikan regulasi yang didorong Pemprov Sulsel melalui peringkat doing business kabupaten/kota akan menjadi magnet investasi tahun depan. Demikian pula rencanan investasi yang disiapkan tahun ini bakal mengucur pada 2011. Demikian optimism kepala Badan Promosi dan Penanaman Daerah (BPPMD) Sulsel, Irman Yasin Limpo, menyambut 2011. "Data rencana investasi 2011 sangat tinggi. Banyak juga persetujuan 2010 yang masih waiting (menunggu) kita perkirakan akan jalan tahun depan," ungkap Irman kepada Fajar, Rabu 15 Desember. (Sumber: Fajar)

Kebakaran pasar Butung Mencurigakan: Pusat grosir terbesar di Indonesia timur di Makassar, Pasar Butung hangus terbakar, Rabu (15 Desember). Api berkobar sejak pukul 01.00 wita dini hari dan masih tetap menyala hingga berita ini diturunkan pukul 24.00 wita. Polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran yang menghanguskan sekitar 400 los ini. Namun sejumlah pedagang mencurigai kebakaran tersebut karena muncul dari tiga titik berbeda. Sementara Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin menyebutkan, saat kebakaran pertama kali terjadi, tidak satu pun petugas satuan pengamanan (Satpam) yang dinas malam berada di lokasi. (Sumber: Tribun Timur)

Ekspo REI 2011 tawarkan rumah minimalis: Expo REI 2011 di Trans Studio Mall Tanjung Bunga, Makassar 12-20 Maret 2011 akan menawarkan mayoritas rumah minimalis. Menurut Ketua DPRD REI Sulsel, Jamaluddin Jafar, rumah model minimalis masih menarik perhatian user. Jamaluddin menjelaskan itu di sela-sela peluncuran Pameran Expo REI 2011 di Makassar, Rabu (15 Desember). (Sumber: Tribun Timur) (mrp)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top