Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPR setujui 5 RUU usul inisiatif komisi

JAKARTA: Seluruh Fraksi di DPR menyetujui secara aklamasi 5 RUU usul inisiatif komisi menjadi RUU. Masing-masih 3 RUU dari Komisi VI yaitu RUU tentang Lembaga Keuangan Mikro; RUU tentang Perubahan Atas UU No.9 Tahun 2006 tentang Sistem Resi Gudang;RUU

JAKARTA: Seluruh Fraksi di DPR menyetujui secara aklamasi 5 RUU usul inisiatif komisi menjadi RUU. Masing-masih 3 RUU dari Komisi VI yaitu RUU tentang Lembaga Keuangan Mikro; RUU tentang Perubahan Atas UU No.9 Tahun 2006 tentang Sistem Resi Gudang;RUU tentang Perubahan Atas UU No. 32 Tahun 1997 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi.RUU usul inisiatif Komisi I tentang Intelijen Negara, dan RUU usul inisiatif Komisi IV DPR tentang pencegahan dan pemberantasan pembalakan liar (P3L).Meski menyetujui, tetapi sebagaian Fraksi memberi catatan terhadap RUU. Seperti Fraksi Gerindra yang diwakili oleh juru bicaranya Randoko Dahono mengatakan perlunya mewaspadai liberalisasi sektor keuangan sehingga perlunya pengaturan LKM yang diintegrasikan dengan koperasi. "Untuk memberi kesempatan pada mayarakat menengah ke bawah sebagai UMKM."Sementara itu, Fraksi Hanura memberi catatan terhadap RUU Intelijen. Meski memiliki keluasan wewenang lembaga intelijen dapat bersikap profesional dan tidak mengurangi hak-hak sipil. Idris Laena dari Fraksi Golkar mengatakan perlunya aturan untuk mendorong kemakmuran dan kesejahteraan rakyat sehingga RUU Resi Gudang menjadi penting sebagai solusi untuk terjaminnya cadangan digudang. Ke lima RUU usul inisiatif yang telah menjadi RUU DPR tersebut kemudian akan menjadi prioritas dalam pembahasan pada periode masa sidang 2011. "Selama ini belum ada payung hukum untuk hal tersebut sehingga ini prioritas untuk Prolegnas 2011," ujar Wakil ketua DPR Pramono Anung seusai memimpin sidang Paripurna hari ini. (tw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper