Hujan abu vulkanik Gunung Bromo meluas

LUMAJANG: Hujan abu vulkanik Gunung Bromo yang telah terjadi beberapa hari di wilayah Kabupaten Lumajang kini meluas hingga menjangkau 14 kecamatan.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 15 Desember 2010  |  01:49 WIB

LUMAJANG: Hujan abu vulkanik Gunung Bromo yang telah terjadi beberapa hari di wilayah Kabupaten Lumajang kini meluas hingga menjangkau 14 kecamatan.

Luasan daerah terdampak material vulkanik asal gunung yang bersebelahan dengan Gunung Semeru itu kini telah merambah hingga ke wilayah Kab. Jember dan Banyuwangi.Sekretaris Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana Kab. Lumajang Rochani membenarkan bahwa wilayah cakupan hujan abu vulkanik dari Gunung Bromo semakin meluas, meski level status gunung api itu telah menurun dari status awas (level IV) menjadi siaga (level III)."Kini sekitar 14 kecamatan di Kab. Lumajang dipastikan telah menerima pasokan abu vulkanik asal Gunung Bromo. Bahkan beberapa kecamatan yang berbatasan dengan Kab. Probolinggo seperti Ranoyoso dan kecamatan yang berbatasan dengan Kab. Jember juga telah terkena abu vulkanik itu," kata Rochani kepada pers, hari ini.Rochani menjelaskan hujan abu vulkanik asal gunung berketinggian 2.392 meter itu di wilayah Kab. Lumajang pada Selasa kemarin terjadi seharian dan akibatnya berdampak pada sejumlah aktivitas warga."Meski tidak menyebabkan masyarakat menghentikan aktivitas namun hujan abu ini mulai mulai mengganggu aktivitas warga. Misalnya cucian warga tidak bisa kering, warga berkendara mesti menutup mulut dan hidung dengan menggunakan masker, sehingga tidak leluasa berkendara," jelasnya.Secara khusus Rochani mengimbau warga untuk sebisa mungkin tidak keluar rumah atau beraktivitas di luar rumah selama hujan abu tersebut masih berlangsung."Bila beraktivitas di luar rumah atau berkendara sebaiknya menggunakan masker agar terlindung dari hujan abu vulkanik tersebut. Pemkab sendiri telah membagikan masker secara gratis untuk warga, selain itu juga gencar melakukan sosialisasi yang dibantu media massa."Dari pantauan Bisnis di lapangan menunjukkan hujan abu vulkanik Gunung Bromo itu telah merambah sejumlah wilayah Kab. Jember, bahkan warga di Kota Jember juga menerima imbas kiriman abu vulkanik tersebut pada Selasa kemarin.Hujan debu vulkanik juga dirasakan hingga ke wilayah Kab. Banyuwangi meski tidak separah di Kab. Lumajang. (k21/er)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top