Pendiri Facebook 'Person of the Year' 2010

NEW YORK: Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg ditetapkan sebagai Person of the Year 2010 versi majalah Time.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 15 Desember 2010  |  14:31 WIB

NEW YORK: Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg ditetapkan sebagai Person of the Year 2010 versi majalah Time.

Pada usia 26, Zuckerberg merupakan Person of the Year termuda sejak pertama kali penetapan itu diadakan, selain Charles Lindbergh berumur 25 tahun ketika mendapatkan julukan yang sama pada tahun 1927.

Menurut Time hari ini, Zuckerberg mengalahkan Ratu Elizabeth yang mendapatkan predikat yang sama pada 1927 saat baru berumur 26 tahun kurang 2 minggu.

Saat ini Ratu Elizabeth juga seorang facebooker.

Zuckerberg bukan hanya salah satu miliuner termuda di dunia, tetapi juga pendatang baru terkemuka di dunia filantropi.

Pada awal tahun ini, dia menjanjikan US$100 juta dalam waktu 5 tahun untuk sistem pendidikan di Newark, New Jersey. Saat ini dia bergabung dengan raksasa media Carl Icahn, 74, Barry Diller, 68, dan lainnya yang telah bergabung dalam Giving Pledge, yang merupakan upaya yang digagas oleh pendiri Microsoft, Bill Gates, dan investor Warren Buffet guna mendorong orang-orang paling kaya di AS berderma.

Zuckerberg saat ini memiliki sekitar 25% saham Facebook.

Zuckerberg telah membangun Facebook menjadi fenomena internasional dengan memperlebar jaringan sosial yang konvensional dan menciptakan suatu komunitas yang lebih terbuka. Dalam dunia yang baru itu, user dimungkinkan membangun jaringan sosial lebih jauh daripada yang mungkin terjadi dalam pertemuan langsung.

Saya mencoba membuat dunia menjadi tempat yang lebih terbuka, ujar Zuckerberg dalam akun facebook-nya sendiri.

Dicetuskan pada saat Zuckerberg masih kuliah di Harvard, Facebook yang berusia 6 tahun telah memiliki lebih dari 500 juta user di seluruh dunia, dengan nilai bisnis miliaran dolar AS.

Kehidupan Zuckerberg telah difilmkan oleh sutradara David Fincher dalam film The Social Network, mengisahkan sisi gelap Zuckerger, dimainkan dengan baik oleh aktor Jesse Eisenberg.

Film tersebut terpilih sebagai salah satu terbaik 2010 versi New York Film Critics Circle, Los Angeles Film Critics Association dan National Board of Review. Pada awal pekan ini, film tersebut menerima enam nominasi Golden Globe, termasuk film terbaik untuk drama, berhadapan dengan pesaing beratnya, film The Kings Speech, yang memperoleh tujuh nominasi.

Person of the Year merupakan penghargaan yang dikeluarkan majalah Time dengan mempertimbangkan kontribusi seseorang atau lembaga terhadap peradaban dan bagaimana pengaruhnya pada pemberitaan secara baik maupun tidak sepanjang tahun terkait.

Tahun lalu orang tersebut adalah Ben Bernanke, ketua bank sentral AS, sedangkan 2008 adalah Barack Obama. Pemenang 2007 adalah PM Rusia Vladimir Putin. (lt)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Rachmat Sujianto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top