Akuisisi SGX terhadap operator bursa Australia disetujui

SYDNEY: Tawaran Singapore Exchange Ltd (SGX) sebesar US$7,8 miliar (A$7,8 miliar) untuk mengakuisisi operator bursa Australia, ASX Ltd, mendapat persetujuan dari regulator persaingan usaha Negeri Kangguru.
Yanto Rachmat Iskandar
Yanto Rachmat Iskandar - Bisnis.com 15 Desember 2010  |  10:20 WIB

SYDNEY: Tawaran Singapore Exchange Ltd (SGX) sebesar US$7,8 miliar (A$7,8 miliar) untuk mengakuisisi operator bursa Australia, ASX Ltd, mendapat persetujuan dari regulator persaingan usaha Negeri Kangguru.

Kesepakatan [akuisisi] tidak akan mengganggu kompetisi di industri pelayanan bursa [Australia], tulis Australian Competition and Consumer Commission (ACCC) dalam pernyataan tertulis yang dipublikasikan hari ini.Dalam keterangan tersebut, terungkap bahwa yang menjadi fokus utama investigasi adalah apakah akuisisi terhadap ASX akan menghambat masuknya perusahaan pesaing, seperti Chi-X Australia Pty dan kompetitor lainnya, ke pasar Australia, apalagi SGX telah memiliki jaringan dengan Chi-X Global Inc.Rencana ACCC untuk melakukan review secara menyeluruh dan hati-hati mengenai dampak dari akuisisi terhadap pengembangan persaingan antara operator bursa dan produk-produk atau jasa terkait telah diungkapkan pada bulan lalu.Kesepakatan kedua perusahaan masih perlu mendapat persetujuan dari Foreign Investment Review Board, bank sentral Australia (Reserve Bank of Australia) dan Australian Securities and Investments Commission.Singapore Exchange mengajukan proposal pembelian ASX pada 25 Oktober dengan harga US$8,4 miliar dalam bentuk tunai dan saham. Bila akuisisi terwujud, keduanya akan menjadi perusahaan bursa terbesar kelima di dunia.Keputusan ACCC menunjukkan tidak ada kekhawatiran mengenai berkurangnya iklim persaingan, ujar jurubicara ASX Matthew Gibbs melalui surat elektronik. Magdalyn Liew, jurubicara SGX menuturkan kedua perusahaan akan terus fokus pada perampungan keseluruhan proses kebijakan yang tengah berjalan. (dea/mrp)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top