Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA: Wapres Boediono menyerahkan penghargaan Piala Citra Pelayanan Prima kepada 83 unit pelayanan publik di berbagai daerah karena dinilai bisa meningkatkan kinerja dengan nilai sangat baik. Unit pelayanan publik yang meraih penghargaan itu telah melalui berbagai seleksi di bawah koordinasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.

Menteri PAN E.E. Mangindaan mengatakan penghargaan ini sudah dilakukan sejak 1995 dengan nama Adisatyabakti. Namun, pada 2002 namanya diganti untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai penghargaan yang diberikan.

Ini salah satu cara mendorong unit pelayanan publik untuk meningkatkan kinerjanya secara terus menerus, jelasnya di kantor Wapres, hari ini.

Mangindaan menjelaskan jika semua instansi bisa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, maka dampaknya akan dirasakan oleh negara, khususnya dalam membangun iklim usaha yang kondusif, dan menarik minat masyarakat dalam kegiatan investasi.

Dia mengatakan pada tahun ini ada 218 unit yang diusulkan oleh 15 kementerian/lembaga, 10 unit dari BUMN, serta 29 unit dari pemprov, dan 41 unit dari kabupaten/kota.

Jenis pelayanan yang diusulkan itu diantaranya masuk dalam 10 kelompok klaster, diantaranya jasa kesehatan, jasa rumah sakit, jasa pelayanan terpadu, jasa pelayanan barang dan jasa, serta jasa adminsitrasi.

Dari 83 unit yang meraih piala Citra Pelayanan Prima ini diantaranya Puskesmas Tebet, Samsat Jakarta Barat, Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Samsat Cimahi, Badan Penanaman Modal dan pelaynan Perizinan Banyumas, serta Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Madya Kediri. (tw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper