Tahun depan Askes bidik 350 pemda

Mochammad Subarkah
Mochammad Subarkah - Bisnis.com 13 Desember 2010  |  06:30 WIB

JAKARTA: PT Asuransi Kesehatan (Askes) membidik kerja sama penyelenggaraan Program Jaminan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Umum (JPKMU) pada 2011 mencapai 350 pemerintah daerah (pemda) di Indonesia. Direktur Utama Askes I Gede Subawa mengatakan sampai sekarang program tersebut tercatat telah bekerjasama dengan sebanyak 148 pemda, dari total 192 pemda yang menyatakan kesediaannya. Menurut dia, sebanyak 44 pemda yang belum melakukan penandatangan MoU kerja sama tersebut saat ini masih dalam tahap pembahasan intensif, terutama masalah besaran anggaran dan diperkirakan hingga akhir tahun ini semua sudah bisa direalisasikan.

"Hingga akhir tahun ini 192 pemda sudah menjadi partner Askes dan diharapkan dapat menjadi 350 pemda pada 2011, untuk selanjutnya ditargetkan mengcover seluruh kabupaten dan kota di Indonesia pada 2013, ujarnya kepada Bisnis, hari ini. Dia menambahkan pelaksanaan kerja sama dengan pemda tersebut didasarkan pada UU No.19/2003 pasal 66, di mana pengelolaan premi yang berasal dari anggaran daerah (APBD) dilakukan sesuai dengan prinsip dana amanat (untuk kesejahteraan rakyat).

Dalam penyelenggaraan program JPKMU, Askes hanya mengelola dana amanat di mana dana yang dialokasikan pemda dikelola secara mandiri dan tidak dimasukkan dalam neraca perseroan.

Tidak disebutkan secara rinci, tetapi dari total dana kelolaan yang diperoleh pemda tersebut yang masuk ke Askes sekitar 5%, dari nilai pertanggungan mulai dari Rp5.000/kepala/bulan (terendah) sampai Rp17.500/kepala/bulan (tertinggi). Sekitar 90% dana amanat itu kembali menjadi pendapatan pemda yang bersangkutan, melalui pelayanan Rumah Sakit dan Puskesmas. Askes hanya memperoleh 5% sebagai dana operasional. Untuk besaran dana tergantung dari kemampuan setiap pemda," tuturnya. (mrp)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top