Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perundingan iklim PBB setujui kesepakatan Cancun

CANCUN, Meksiko: Perundingan yang dipimpin oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Sabtu dini hari menyetujui bagian pertama sebuah kesepakatan penghindaran perubahan iklim dengan tuan rumah Meksiko mengesampingkan keberatan Bolivia. Perundingan itu melibatkan

CANCUN, Meksiko: Perundingan yang dipimpin oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Sabtu dini hari menyetujui bagian pertama sebuah kesepakatan penghindaran perubahan iklim dengan tuan rumah Meksiko mengesampingkan keberatan Bolivia. Perundingan itu melibatkan lebih dari 190 negara menyetujui sebuah kesepakatan yang membutuhkan pertimbangan bagi babak lain tonggak Kyoto Protocol sebagai yang pertama mengenai persetujuan yang juga termasuk pengaturan sebuah dana bantuan iklim. Hanya Bolivia yang tidak menyetujui kesepakatan itu dengan mengatakan bahwa negara itu ragu, namun Menteri Luar Negeri Meksiko, Patricia Espinosa, mengesampingkan perunding Bolivia yang berulang kali berbicara serta bersikeras bahwa persetujuan membutuhkan konsensus lengkap. "Peraturan dari konsensus tidak berarti kebulatan suara, dan bahkan kemungkinan kecil bahwa sebuah perwakilan mengharapkan penentuan hak veto pada rencana yang telah dicapai dengan kerja keras," ujar Espinosa dalam konferensi selama dua pekan itu. Perunding Bolivia, Pedro Solon, mempertanyakan keabsahan keputusan tersebut. "Keputusan itu tidak merupakan satu kemajuan, hal itu hanya merupakan satu kemunduran," ujar Pedro berkomentar bahwa keputusan itu tidak sedikit pun memenuhi tujuan memeriksa kenaikan suhu hingga dua derajat Celcius. (msw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper