Proyek US$1,24 miliar ditawarkan hingga 2014

JAKARTA: Pemerintah akan menawarkan proyek pembangunan di Kementerian Pekerjaan Umum senilai US$1,24 miliar untuk digarap swasta dan asing selama periode 2010-2014.
Zufrizal | 10 Desember 2010 11:05 WIB

JAKARTA: Pemerintah akan menawarkan proyek pembangunan di Kementerian Pekerjaan Umum senilai US$1,24 miliar untuk digarap swasta dan asing selama periode 2010-2014.

Beberapa proyek utama yang akan ditawarkan itu merupakan proyek infrastruktur utama seperti pembangunan jalan tol dan penyediaan air bersih.

Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum Bidang Ekonomi dan Investasi Setia Budhy Algamar mengatakan penawaran proyek itu dilakukan untuk mempercepat proses pembangunan infrastruktur di Tanah Air, karena dana dari APBN yang terbatas.

Dia mengatakan beberapa proyek yang akan ditawarkan itu yakni di bidang pembangunan jalan tol seperti di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Riau, Lampung, dan Sulawesi Utara.

Selain itu, proyek lainnya yang akan ditawarkan yakni sistem penyediaan air bersih dan sanitasi di 4 lokasi, yang membutuhkan dana investasi sekitar US$ 1,2 miliar, dan sistem pembuangan limbah di 11 lokasi membutuhkan dana investasi sekitar US$41,6 juta.

"Proyek lainnya yakni sistem pengangkut air di Karian, Provinsi Banten," ujarnya, kemarin.

Untuk memenuhi target pemenuhan pembiayaan tersebut, saat ini Kementerian Pekerjaan Umum telah menjajaki rencana kerja sama dengan pemerintah China yang menyatakan ketertarikannya untuk berinvestasi di sektor infrastruktur Indonesia. (zuf)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top